Bupati Kubu Raya Kalimantan Barat, Muda Mahendrawan menegaskan pihaknya memprioritaskan pembangunan jalan poros di Kecamatan Baru Ampar dan mematangkan perencanaannya pada musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) di Kecamatan Batu Ampar.

"Seperti jalan poros dari Desa Padang Tikar ke Desa Batu Ampar dan dari Desa Nipah Panjang. Selain jalan poros, pada tahun 2024 mendatang pembangunan jembatan juga menjadi prioritas di kecamatan ini, termasuk juga perbaikan jalan di Desa Sungai Besar dan Desa Padang Tikar Satu," kata Muda di Sungai Raya, Rabu.

Menurutnya, pembangunan di Kecamatan Batu Ampar, Pemkab Kubu Raya akan melakukannya dengan proporsional secara berkelanjutan. Kondisi ini dapat dilihat adanya perkembangan pembangunan jalan poros di sejumlah desa, bahkan sudah sampai di Desa Tanjung Harapan.

"Konsekuensinya, pasti ada kerusakan di sejumlah jalan poros dan sangat wajar sekali, karena ini membuktikan adanya pergerakan ekonomi masyarakat di Kecamatan Batu Ampar," tuturnya.

Dia juga menilai, kerusakan jalan poros dan jembatan di sejumlah wilayah di Kubu Raya termasuk di kecamatan Batu Ampar itu sangat wajar, justru itu menunjukkan indikator pergerakan ekonomi di masyarakat.

"Karena setiap hari masyarakat pasti melewati jalan itu untuk mengangkut komoditi kepala, pisang, pinang, sayur mayur dan komoditi lainnya yang ada di Kecamatan Batu Ampar. Namun yang terpenting, Batu Ampar juga penyumbang Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang sangat besar bagi Kubu Raya," katanya.

Menurutnya, meski Kecamatan Batu Ampar merupakan daerah terjauh di Kubu Raya, namun kontribusinya sangat besar bagi daerah ini, terutama dalam penurunan angka stunting, angka kematian ibu, bayi dan balita serta Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023