Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta politikus dan relawan politik tidak mempunyai keinginan untuk berkampanye di tempat ibadah, khususnya masjid, selama bulan Ramadhan.

"Kepada pimpinan partai politik dan juga para relawannya, supaya tidak bernafsu untuk menjadikan masjid sebagai tempat kampanye," kata Ma'ruf Amin usai menghadiri peringatan Hari Desa Asri Nusantara 2023 di Desa Makmur, Pangkalan Kerinci, Pelalawan, Riau, Senin.

Sebagaimana tayangan video yang dipantau di Jakarta, Senin, Ma'ruf mengatakan tata cara pelaksanaan pemilu, termasuk masa pra-pemilu, sudah memiliki aturan jelas, yakni tempat ibadah, tempat pendidikan, lembaga pendidikan, dan kantor pemerintahan tidak boleh dijadikan tempat kampanye politik.

Baca juga: RI punya kemampuan bebaskan sandera dengan cepat

"Biarkan masjid untuk salat, untuk ibadah, untuk kegiatan sosial; supaya disterilkan dari kampanye," tegasnya.

Dia juga meminta pengurus tempat ibadah, khususnya masjid, untuk memastikan tidak ada kegiatan kampanye di tempat ibadahnya.

"Belum tentu di satu masjid itu aspirasi politiknya sama, sehingga bisa terjadi pembelahan-pembelahan," ujar Wapres.

Hadir mendampingi Wapres dalam keterangan pers ialah Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar, Gubernur Riau Syamsuar, serta Bupati Pelalawan H. Zukri.
 

Sejumlah tokoh lintas agama di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, mendeklarasikan kampanye di tempat ibadah. Langkah bersama mereka dilakukan menjelang Deklarasi
Pilkada 2020 Serentak 2020
"yang bertujuan tidak ada kampanye di tempat ibadah. Melalui deklarasi tersebut seluruh tokoh agama yang dianggap paling berpengaruh di masyarakat sepakat untuk menolak tempat ibadah sebagai sarana kampanye," kata Ketua BPP GPIBI, Pendeta Simson Lingob, saat dihubungi di Bengkayang, Jumat.

Ia menambahkan, penolakan kampanye di tempat ibadah juga menjadi kunci keberhasilan penyelenggaraan pesta demokrasi, khususnya di Kabupaten Bengkayang.Baca selengkapnya: Tokoh agama di Bengkayang sepakat tolak kampanye di tempat ibadah

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023