Bupati Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat, Muda Mahendrawan, menekankan sistem data dan informasi pada bidang pendidikan dalam mengarahkan pembangunan daerah agar lebih terukur.

"Penguatan signifikansi sistem data dan informasi ini perlu kita tekankan pada semua sektor, salah satunya adalah sektor pendidikan, yang merupakan hak dasar utama dan indikator kemajuan suatu negara dan daerah," kata Muda di Sungai Raya, Sabtu.

Muda Mahendrawan menjelaskan bahwa memiliki data yang valid, terukur, akurat, dan berasal langsung dari sumbernya, sangat penting dalam mengukur pencapaian serta membimbing perencanaan pembangunan.

"Data yang valid, terukur, akurat, langsung dari sumbernya, dan bisa dipertanggungjawabkan serta dapat mengukur capaian-capaian dengan jelas. Jadi kita kerja pun ternavigasi. Pemerintah ternavigasi perencanaannya di seluruh sektor kehidupan dan masyarakat juga ternavigasi dengan data dan informasi yang membuat semua hak dasarnya jadi terpenuhi," tuturnya.

Menurut Muda Mahendrawan, penguatan sistem data, terutama Data Pokok Pendidikan, memiliki peranan penting dalam mengarahkan pembangunan pendidikan yang tepat di Kubu Raya. Oleh karena itu, data harus selalu diperbaharui dan memiliki integritas yang tinggi.

"Data Pokok Pendidikan itu salah satu sumber produksi data, percepatan pembangunan sangat tergantung pada kecepatan kita di dalam memperbaharui maupun memperkuat sistem data. Sehingga perencanaan jadi tepat dan tidak mubazir di dalam mengelola anggaran serta membuat semuanya jadi lebih banyak nilai tambah," katanya.

Muda Mahendrawan menegaskan bahwa penguatan sistem informasi dan data akan membantu pengawasan dan penyelenggaraan pendidikan. Ini memungkinkan kebijakan-kebijakan dari pemerintah pusat dan daerah dapat diarahkan dengan baik oleh pemerintah daerah.

"Melalui data yang kita hasilkan, kebijakan dari pusat dan daerah dapat diarahkan dengan benar dan memberikan keadilan dan ini membuat kita lebih optimis. Semoga bimbingan teknis ini dapat memotivasi kita untuk berusaha lebih keras dalam mencapai percepatan dan ketepatan dalam pembangunan," kata Muda.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kubu Raya, M. Ayub, menjelaskan bahwa Dapodik adalah sistem manajemen data yang terintegrasi untuk mengelola informasi pendidikan. Dapodik mengumpulkan data pendidikan, termasuk data siswa, guru, sekolah, kurikulum, dan prestasi, dalam satu basis data terpadu.

"Bimbingan teknis ini penting agar data Dapodik di Kabupaten Kubu Raya dapat disinkronkan dan diisi sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan dalam sistem Dapodik," kata Ayub.


 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023