Pengurus Provinsi Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Kalimantan Barat menyebut turnamen Kapolri Cup yang digelar di provinsi setempat mampu memotivasi atlet daerah untuk terus berkembang. 

"Turnamen bola voli ini menjadi pembelajaran besar bagi pemerintah daerah dan atlet Kalbar, karena tampilnya pemain nasional menjadi motivasi untuk berkembangnya atlet daerah," kata Ketua Pengprov PBVSI Kalbar Irwan di Pontianak, Jumat.

Selain itu, lanjut dia, persaingan antartim di sepanjang turnamen cukup terlihat sehingga diharapkan dapat menumbuhkembangkan dan memasyarakatkan kembali bola voli khususnya di Kalbar. 

"Apalagi dalam waktu dekat kita akan mengikuti Pra PON yang dilaksanakan pada 19 sampai 25 September di Balikpapan, Kalimantan Timur. Kita harapkan mendapatkan dukungan dari pemerintah daerah dan KONI Kalbar," katanya.

PBVSI Kalbar pun memberikan apresiasi kepada Kapolda Kalimantan Barat Irjen. Pol. Pipit Rismanto yang menjabat sebagai manajer klub Jakarta Bhayangkara Presisi karena telah menjadi inisiator kejuaraan tersebut.

Setelah vakum selama 13 tahun, Kapolri Cup kembali digelar dengan Kalimantan Barat sebagai tuan rumah. "Penyelenggaraan turnamen ini di Pontianak juga menjadi sejarah bola voli di Kalbar," katanya.

Kapolri Cup pertama kali digelar pada 2006 dengan penyelenggaraan kedua digelar pada 2010, dan baru digelar kembali pada tahun ini sebagai penyelenggaraan ketiga.

Turnamen Bola Voli Putra dan Putri Kapolri Cup 2023 memasuki semifinal pada 30 Agustus menampilkan pertandingan antara tim putri Kalimantan Barat melawan Sulawesi Utara dan Jawa Timur melawan Kalimantan Timur.

Sedangkan pertandingan tim putra yang diadakan pada 31 Agustus menampilkan Kalimantan Barat melawan Sumatera Selatan dan Jawa Timur melawan Bali.

Tim putra dan putri Kalimantan Barat dan tim Jawa Timur berhasil lolos ke babak final untuk memperebutkan peringkat pertama dan kedua pada Sabtu (2/9).

Sedangkan untuk perebutan peringkat ketiga dan keempat digelar Jumat, di awali pertandingan tim putri Sulawesi Utara melawan Kalimantan Timur, ditutup pertandingan tim putra Sumatera Selatan melawan Bali.
Ketua Pengurus Provinsi Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Kalimantan Barat, Irwan. (ANTARA/HO-dokumen pribadi)

Pewarta: Nurul Hayat dan Indah Lestari

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023