Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua melalui sanggar kegiatan belajar (SKB) meningkatkan pelatihan kompetensi sebanyak 20 guru pendidikan anak usia dini (PAUD) untuk mendukung implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di sekolah setempat.

"In house training guru PAUD dilakukan SKB Biak merupakan sebuah tuntutan setiap satuan pendidikan guna menyukseskan Kurikulum Merdeka Belajar bagi anak PAUD," ujar Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Biak Lot Yensenem membuka In House training satuan pendidikan PAUD di Biak, Rabu.

Menurut dia, dengan pemberlakuan Kurikulum Merdeka Belajar saat ini dibutuhkan kualifikasi dan kompetensi guru PAUD yang mampu menjalankan kegiatan belajar anak yang menyenangkan.

Ia berharap, 20 guru PAUD peserta in house training untuk sungguh -sungguh mengikuti materi pelatihan pembelajaran sebagai bekal untuk diterapkan di sekolah setempat.

"Kurikulum Merdeka Belajar dalam pelaksanaan membutuhkan kemampuan dan kapasitas guru PAUD sehingga kegiatan pelatihan menjadi sangat penting,  diikuti hingga tuntas," harap Lot.

Kepala Sanggar Kegiatan Belajar Biak Margaretha Singgamui mengatakan, melalui in house training guru PAUD dapat mengimplementasikan Kurikulum Merdeka dalam membentuk profil pelajar Pancasila "Merdeka Belajar, Merdeka Mengajar".

Diakui Margaretha, kegiatan ini sangat diperlukan untuk diberikan kepada pendidik dan tenaga kependidikan sebagai bagian pendidikan berkelanjutan guna meningkatkan kompetensi guru PAUD.

"Tujuan lain pelatihan ini untuk menjaga kualitas dan kapasitas guru PAUD dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka pada satuan pendidikan setempat," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Biak Kamaruddin mengaku, pelaksanaan in house training bagi guru PAUD untuk meningkatkan kualitas pembelajaran transisi siswa menyenangkan dan bermain.

"Dengan kompetensi guru PAUD yang terus dimiliki akan mempercepat implementasi kurikulum Merdeka Belajar dan bermain bagi anak-anak PAUD," sebut Kamaruddin.

Pelaksanaan in house training bagi 20 guru PAUD di Kabupaten Biak Numfor berlangsung selama lima hari dimulai 20-24 September 2023.

Pewarta: Muhsidin

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023