PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo memfasilitasi keikutsertaan 10 usaha mikro dan kecil (UMK) binaan unggulan yang dipilih dari berbagai daerah di Indonesia dalam ajang pameran The International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2023 di Jakarta pada 4-8 Oktober 2023.

"Lima dari 10 UMK yang kami bawa merupakan binaan yang menjadi champion Program Gedor Ekspor Pelindo. Mereka dipilih dari ratusan UMK terbaik binaan Pelindo," kata Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) dan Umum Pelindo Ihsanuddin Usman yang hadir di acara pembukaan pameran sebagaimana keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis.

Ia menjelaskan sebagai BUMN yang bergerak di bidang kepelabuhanan, Pelindo juga berkomitmen untuk mendukung keberlangsungan UMK.

Dukungan itu dimanifestasikan melalui program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) perusahaan. Program TJSL Pelindo mengacu pada tiga prioritas, yakni pendidikan, lingkungan, dan pengembangan UMK.

"Dukungan Pelindo terhadap UMK juga merupakan bagian dari komitmen perusahaan untuk berkontribusi dalam pencapaian SDGs (sustainable development goals), khususnya poin ke-8, yakni meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, kesempatan kerja yang produktif serta pekerjaan yang layak," ujar Ihsanuddin.

Dengan mengikuti pameran Inacraft 2023, ia mengharapkan UMK binaan Pelindo memiliki peluang yang lebih luas memasarkan produk-produk unggulannya, termasuk membuka peluang untuk ekspor.

Pameran Inacraft 2023 dibuka Presiden Joko Widodo pada Rabu (4/10/2023). Presiden mengapresiasi atas penyelenggaraan pameran yang dinilainya semakin baik dan menarik.

"Saya melihat dari tahun ke tahun pameran Inacraft ini semakin baik dan semakin menarik, karena brand-nya sudah kita kenal semuanya, sebagai salah satu pameran produk kerajinan terbesar di Asia Tenggara," katanya.

Pameran tersebut menampilkan berbagai produk kerajinan tangan unggulan dari para pelaku usaha kreatif dalam negeri. Dengan tema From Smart Village to Global Market, Inacraft 2023 mengusung konsep youth dan lebih banyak berkolaborasi dengan para perajin dan pengusaha muda di bidang kerajinan.

 

Pewarta: Benardy Ferdiansyah

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023