Penjabat (PJ) Gubernur Kalbar Harrison mengatakan buah durian layak menjadi komoditas unggulan provinsi itu karena rasanya yang khas serta diminati oleh masyarakat dalam dan luar negeri.

"Jenis buah durian itu sangat beragam serta mempunyai cita rasa yang berbeda, beberapa jenis durian sudah diakui oleh Kementerian Pertanian sebagai produk unggulan lokal," ujar Harrison saat menghadiri Festival Buah dan Florikultura 2023 di Pontianak, Rabu.

Harrison juga mengajak masyarakat khususnya para petani untuk bersama-sama berupaya mengembangkan dan memperkenalkan buah khas Kalbar agar lebih dikenal lagi oleh dunia.

"Dengan diadakannya festival seperti ini dapat dijadikan ajang bagi masyarakat untuk memamerkan buah yang menjadi komoditas unggulan dari berbagai daerah di Kalbar," katanya.

Harison mengatakan selain buah durian Bumi Khatulistiwa Kalbar juga mempunyai komoditas buah unggulan lainnya seperti alpokat, jeruk dan lain-lain.

"Tujuan utama dari festival buah ini ialah untuk meningkatkan perekonomian sekaligus membuka lapangan pekerjaan bagi para petani perkebunan," jelas Harrison.

Saat ini Kalbar dibanjiri oleh buah durian dari berbagai daerah terutama di Kota Pontianak banyak sekali orang yang menjual durian terutama di pasar-pasar dan tepi jalan dengan berbagai nama, jenis serta rasa yang berbeda dari durian tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalbar Florentinus Anum mengatakan bahwa pihaknya terus menggali potensi dari komoditas hortikultura sekaligus mempromosikannya melalui festival buah yang dihadirkan dalam rangka mencapai tujuan pertanian yakni kesejahteraan petani.

"Kembali festival buah dan florikultura Kalbar kami hadirkan dan ini merupakan agenda rutin yang kita laksanakan setiap tahun. Tujuannya untuk menggali potensi komoditas hortikultura dan mempromosikannya," kata dia.

Festival Buah dan Florikultura Bumi Khatulistiwa Kalbar dilangsungkan 15 - 19 November 2023 di Halaman A Yani Mega Mall Pontianak . Adapun agenda dilaksanakan di antaranya kontes buah durian, kontes dekorasi stan, kontes merangkai bunga dan tanaman hias, talkshow, pameran hasil pertanian dan pameran hasil perkebunan, peternakan dan perikanan.

 

Pewarta: Petrus

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023