Timnas Qatar hingga Arab Saudi memastikan satu tempat di babak 16 besar Piala Asia 2023 setelah menyegel kemenangan pada pertandingan kedua fase grup.
 
Kepastian beberapa negara lolos ke babak selanjutnya terjadi pada pertandingan kedua babak penyisihan grup yang berlangsung sejak Rabu (17/1) hingga Minggu kemarin.
 
Berikut rekap pertandingan kedua babak penyisihan grup Piala Asia 2023:
 
Grup A
 
Qatar tercatat sukses menjadi tim pertama yang melaju ke babak 16 besar setelah mengalahkan Tajikistan 1-0 pada pertandingan kedua Grup A di Stadion Lusail, Lusail, Rabu (17/1) lalu.
 
Hasil tersebut memastikan Qatar menjadi juara Grup A dengan enam poin dari dua pertandingan karena tidak akan mungkin terkejar oleh peringkat kedua China yang hanya mampu mengumpulkan dua poin.
 
Pada pertandingan selanjutnya Grup A Qatar yang sudah memastikan diri lolos akan bertemu dengan China hari ini pukul 22.00 WIB di Stadion Khalifa Internasional, Doha dan ada juga laga Lebanon bertemu Tajikistan yang digelar di jam yang sama di Stadion Jassim Bin Hamad.
 
Pertandingan ketiga ini akan menjadi penentu untuk tiga negara yaitu China, Lebanon dan Tajikistan dalam perjalanan mereka pada ajang Piala Asia 2023.
 
Ketiga negara ini masih memiliki peluang untuk menjadi peringkat kedua Grup A andai mampu memenangkan pertandingan terakhir mereka.
 
Berikut klasemen sementara Grup A
 
No Negara SG Poin
1 Qatar 4 6
2 China 2 0
3 Tajikistan 1 -1
4 Lebanon 1 -3

Jadwal pertandingan Grup A
 
Senin (22/1)
 
Qatar vs China 22.00 WIB
 
Tajikistan vs Lebanon 22.00 WIB

Grup B
 
Australia menjadi tim selanjutnya yang lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 seusai mengalahkan Suriah dengan skor 1-0 di Stadion Jassim Bin Hamad, Kamis (18/1) lalu.
 
Kini Australia menempati posisi pertama klasemen sementara Grup B Piala Asia 2023 dengan torehan total enam poin dari dua pertandingan.
 
Meski sudah memastikan diri lolos ke babak selanjutnya, belum bisa dipastikan apakah Australia akan melangkah ke 16 besar sebagai juara atau runner-up grup.
 
Status ini akan ditentukan pada pertandingan terakhir Grup B yang mempertemukan Australia berhadapan dengan peringkat kedua Uzbekistan di Stadion Al Janoub, Al-Wakrah, Selasa (23/1). Pemenang pertandingan ini akan dipastikan menjadi juara Grup B.
 
Selain memperebutkan tempat pertama dan kedua grup, dua negara lainnya yaitu Suriah dan India masih memiliki peluang untuk lolos ke babak selanjutnya dengan status peringkat ketiga terbaik.
 
Pada pertandingan yang mempertemukan Suriah kontra India ini di Stadion Al Bayt, Al Khor, Selasa (23/1) nanti, pemenang dipastikan akan menempati posisi tiga Grup B.
 
Berikut klasemen sementara Grup B:
 
No Negara SG Poin
1 Australia 3 6
2 Uzbekistan 3 4
3 Suriah -1 1
4 India -5 0

Jadwal pertandingan Grup B
 
Selasa (23/1)
 
Australia vs Uzbekistan 18.30 WIB
 
Suriah vs India 18.30 WIB

Grup C
 
Pada persaingan Grup C, Timnas Iran sudah memastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 setelah mengamankan enam poin dari dua pertandingan.
 
Iran sukses menorehkan hasil sempurna setelah mengalahkan Hong Kong pada pertandingan kedua di Stadion Khalifa Internasional, Doha, Jumat (19/1) kemarin.
 
Meski mengamankan poin sempurna dari dua laga, posisi Iran di peringkat pertama bisa saja dikudeta Uni Emirate Arab (UEA) yang pada pertandingan sebelumnya bermain imbang 1-1 kontra Palestina.
 
Hasil itu membuat UEA kini menempati peringkat kedua klasemen sementara Grup C dengan empat poin dari dua pertandingan, terpaut dua poin dari Iran.
 
Kedua negara akan dipertemukan pada pertandingan terakhir Grup C di Stadion Education City, Ar-Rayyan, Selasa (23/1) dan hasil laga ini akan menentukan siapa yang akan berstatus sebagai juara grup.
 
Selain itu ada juga pertandingan antara Hong Kong kontra Palestina di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Selasa untuk memperebutkan satu tempat sebagai perwakilan peringkat ketiga dari Grup C.
 
Palestina tercatat kini menjadi posisi ketiga dari klasemen sementara Grup C dengan raihan satu poin dari dua pertandingan, sedangkan Hong Kong berada di peringkat keempat tanpa poin.
 
Berikut klasemen sementara Grup C
 
No Negara SG Poin
1 Iran 4 6
2 Uni Emirate Arab 2 4
3 Palestina -3 1
4 Hong Kong -3 0
 
Jadwal pertandingan Grup C
 
Selasa (23/1)
 
Iran vs Uni Emirate Arab 22.00 WIB
 
Hong Kong vs Palestina 22.00 WIB

Grup D
 
Timnas Irak memastikan diri melaju ke babak 16 besar Piala Asia 2023 dengan status juara Grup D setelah secara mengejutkan mengalahkan Timnas Jepang dengan skor 2-1 di Stadion Education City, Ar-Rayyan, Jumat (19/1).
 
Hasil ini membuat Irak menempati posisi pertama klasemen sementara Grup D dengan enam poin dari dua pertandingan serta unggul head to head dari pesaing terdekat yaitu Jepang yang berada di peringkat kedua diikuti Indonesia di tempat ketiga yang masing-masing mengumpulkan tiga poin dari dua pertandingan.
 
Selanjutnya Irak akan bertemu Vietnam pada pertandingan ketiga Grup D di Stadion Jassim Bin Hamad, Doha, Qatar, Rabu (24/1) dan hasil pertandingan ini tak akan mempengaruhi posisi kedua tim di klasemen akhir grup.
 
Sementara itu akan ada pertandingan hidup mati antara Jepang dan Indonesia pada pertandingan terakhir Grup D di Stadion Al Thumama, Doha, Rabu (24/1) untuk memperebutkan tempat kedua.
 
Kedua negara sama-sama mengumpulkan tiga poin dari dua pertandingan, namun Jepang unggul selisih gol dibanding Indonesia
 
Berikut klasemen sementara Grup D
 
No Negara SG Poin
1 Irak 3 6
2 Jepang 1 3
3 Indonesia -1 3
4 Vietnam -3 0
 
Jadwal pertandingan Grup D
 
Rabu (24/1)
 
Irak vs Vietnam 18.30 WIB
 
Jepang vs Indonesia 18.30 WIB

Grup E
 
Pada peta persaingan Grup E Piala Asia 2023 dua negara yaitu Korea Selatan dan Yordania memiliki peluang untuk menjadi juara grup setelah keduanya bermain imbang 2-2 di Stadion Al Thumama, Doha, Sabtu (20/1).
 
Posisi pertama klasemen sementara Grup E dihuni oleh Yordania yang unggul selisih gol dibanding Korea Selatan menempati peringkat kedua.
 
Selanjutnya pada posisi ketiga ada Bahrain yang berhasil mengalahkan Malaysia dengan skor 1-0 di Stadion Jassim Bin Hamad, Doha, Sabtu (20/1).
 
Hasil tersebut membuat Bahrain memiliki peluang untuk lolos ke babak selanjutnya dengan menempati posisi dua besar dengan syarat harus mengalahkan Yordania pada pertandingan terakhir Grup E di Stadion Khalifa Internasional, Doha, Kamis (25/1).
 
Sementara itu, Malaysia yang sudah dipastikan tak memiliki peluang untuk melaju ke babak selanjutnya akan bertemu dengan raksasa Korea Selatan di Stadion Al Janoub, Al-Wakrah, Kamis.
 
Berikut klasemen sementara Grup E
 
No Negara SG Poin
1 Yordania 4 4
2 Korea Selatan 2 4
3 Bahrain -2 3
4 Malaysia -4 0


Jadwal pertandingan Grup E
 
Kamis (25/1)
 
Yordania vs Bahrain 18.30 WIB
 
Korea Selatan vs Malaysia 18.30 WIB

Grup F
 
Arab Saudi memastikan satu tempat di babak 16 besar sebagai perwakilan Grup F seusai mengalahkan Kyrgyzstan dengan skor 2-0 di Stadion Ahmed Bin Ali, Ar-Rayyan, Senin dini hari WIB.
 
Hasil ini membuat Arab Saudi dipastikan lolos ke babak selanjutnya namun bisa saja tidak berstatus juara grup jika kalah dari Thailand pada pertandingan terakhir penyisihan Grup F.
 
Diketahui kini Arab Saudi menempati posisi pertama klasemen sementara Grup F dengan enam poin dari dua pertandingan, sedangkan Thailand membuntuti di peringkat kedua dengan empat poin.
 
Hasil ini didapatkan Thailand setelah hanya mampu bermain imbang kontra Oman di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Minggu (20/1) dengan skor 0-0.
 
Selanjutnya laga perebutan juara Grup F antara Arab Saudi dan Thailand akan dihelat di Stadion Education City, Ar-Rayyan, Kamis (25/1).
 
Sementara itu perebutan tempat ketiga Grup F akan dilakoni oleh Oman yang akan bertemu Kyrgyzstan di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Kamis mendatang.
 
Berikut klasemen sementara Grup F
No Negara SG Poin
1 Arab Saudi 3 6
2 Thailand 2 4
3 Oman -1 1
4 Kyrgyzstan -4 0
 
Jadwal pertandingan Grup F
 
Kamis (25/1)
 
Arab Saudi vs Thailand 22.00 WIB
 
Kyrgyzstan vs Oman 22.00 WIB.



 

Pewarta: Aldi Sultan

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024