Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pontianak kembali menggelar simulasi pemungutan dan perhitungan suara Pemilu 2024 untuk memastikan segala tahap bisa berjalan lancar.

"Simulasi kedua ini dilakukan untuk melihat dan sebagai bahan evaluasi bagaimana proses pemungutan dan perhitungan dilakukan di TPS,," ujar Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pontianak David Teguh di Pontianak, Minggu.

Ia menambahkan dengan simulasi yang diikuti 150 anggota KPPS di Kota Pontianak tersebut bertujuan untuk menghitung waktu dari tahap ke tahap.

"Kalau waktu untuk pemungutan suara itu sudah jelas mulai pukul 07.00 WIB - 13.00 WIB. Untuk perhitungan suara saja itu tergantung. Namun dari simulasi sebelumnya di kisaran 8-1Menurut perhitungan suara harus selesai hari itu juga. Namun ada putusan MK bisa ditambah 12 jam, " kata dia.

Ia mengungkapkan dari evaluasi simulasi perdana kendala hanya pada aplikasi sirekap. Namun saat ini hal itu telah diperbaharui dan dimaksimalkan kinerja aplikasi itu.

"Dulu saat simulasi perdana hanya pada persoalan kehandalan aplikasi sirekap. Namun kini sudah diperbaiki, " papar dia.

Terkait alur perhitungan suara, dimulai dari surat suara pemilihan presiden, disusul DPD, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten.

"Semoga dengan simulasi yang ada ini menjadi bekal bagi kami agar saat hari pemungutan hingga perhitungan berjalan lancar, " papar dia.

Ia mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam Pemilu 2024 dengan memberikan hak suaranya.

"Kami mengajak mari datang ke TPS dan salurkan suara untuk memilih pemimpin atau wakilnya. Kami juga mengajak semua pihak untuk menyukseskan Pemilu 2024," ajak dia.
 

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024