Tes fisik menjadi menu utama tim Indonesia U-16 saat menjalani pemusatan latihan (TC) perdana di lereng Gunung Merapi, Yogyakarta, untuk persiapan menghadapi Piala Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) U-16 pada 16-29 Juni 2024 di Indonesia.

Dalam laman Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) yang dipantau ANTARA di Jakarta, Minggu, pelatih Fisik timnas U-16 Sofie Imam Faizal skuad Garuda Muda langsung lari maraton 8 kilometer dengan trek naik turun di lereng Gunung Merapi.

"Target di TC Yogyakarta untuk meningkatkan massa otot, menurunkan lemak dan menaikkan VO2Max (angka kebugaran kardiorespiratori) pemain. Terutama memberikan fisik standar sepak bola modern dan secara daya tahan cardiovaskuler pemain mampu menjalankan style of play yang diinginkan pelatih kepala," kata Sofie.

Dia menjelaskan 36 pemain telah dipanggil masuk timnas setelah menjalani tiga tahap seleksi di Jakarta.

Menurut Sofie, cuaca dingin dan pemandangan alam sekitarnya diyakini akan memotivasi para pemain dan meski kelelahan para pemain tetap mencapai target.

Salah satu dari mereka, Raihan Andi Fatih, mengaku kaget dengan materi latihan fisik yang diberikan oleh tim pelatih.



"Cukup berat juga bagi saya, tapi harus terus dipaksa, supaya bisa meraih hasil maksimal," kata Raihan.

"Tadi lari delapan kilometer, banyak tanjakan juga, jadi cukup berat. Saya berharap di pemusatan latihan ini bisa membuat menjadi lebih baik lagi sebagai pemain sepak bola di masa depan," sambung dia.

TC di Yogyakarta direncanakan berakhir 6 Mei 2024.

Skuad asuhan Nova Arianto mengikuti Piala AFF U-16 sebagai juara bertahan setelah menjuarai edisi 2022 usai menundukkan Vietnam dalam laga puncak.

Saat itu skuad yang masih dilatih Bima Sakti Tukiman tersebut mengalahkan Vietnam 1-0.

Sampai saat ini, kota tempat penyelenggaraan belum ditentukan oleh AFF dan PSSI. Namun, kota yang disebut-sebut menjadi tempat penyelenggaraan adalah Solo dan Semarang di Jawa Tengah.
 


 

Pewarta: Donny Aditra

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024