Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPHI) Embarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan, H Muhammad Tambrin, menyebut lima kloter jamaah haji embarkasi setempat sudah tiba kembali di tanah air.
 
"Lima kloter sudah tiba. Kita saat ini menunggu kepulangan Kloter 06, yang dijadwalkan pada Minggu (30/6/2024) sekitar pukul 12.00 WITA tiba di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin," ujarnya di Banjarbaru, Sabtu.
 
Menurut dia, Kloter 06 berasal dari Kabupaten Kapuas, Kotawaringin Timur dan Katingan Kalimantan Tengah (Kalteng) berjumlah sebanyak 320 orang haji.
 
Dari lima kloter yang sudah tiba di tanah air, tiga kloter dari Provinsi Kalteng dan dua kloter dari Provinsi Kalsel dengan total hampir 1.600 orang haji.
 
"Kita bersyukur proses kepulangan jamaah haji embarkasi daerah kita berjalan lancar, meski sempat ada insiden salah satu haji meninggal dunia pas di perjalanan pulang," ujarnya.
 
Menurut dia, jamaah haji Embarkasi Banjarmasin yang wafat hingga kini sebanyak sembilan orang.
 
"Mari kita berdoa bersama agar semua syuhada haji diterima ibadahnya, keluarga yang ditinggalkan tabah," ucapnya.
 
Menurut dia, pemulangan jamaah haji Embarkasi Banjarmasin dimulai pada 23 Juni hingga 22 Juli 2024.
 
"Kita sudah sangat siap untuk menyambut mereka di asrama haji, sebagaimana lima kloter yang sudah tiba," tuturnya.
 
Embarkasi Banjarmasin pada musim haji 2024 ini memberangkatkan sebanyak 5.759 orang dalam 19 kloter dari dua provinsi, yakni Kalsel dan Kalteng.
 
Sebanyak 4.071 orang dalam 14 kloter dari Kalsel dan sebanyak 1.688 orang dalam lima Kloter dari Kalteng.

Pewarta: Sukarli

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024