Panglima Kodam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Iwan Setiawan menegaskan kesiapan pihaknya untuk menjaga keamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 di Kalimantan Barat, secara maksimal.

"TNI akan mengawal Pilkada serentak ini sebagaimana kami mengawal pemilihan presiden dan legislatif yang lalu. Kami akan menyiapkan personel, kendaraan, alutsista, dan semua yang diperlukan untuk memastikan kelancaran proses demokrasi ini. Kami bekerja dengan totalitas dan tidak setengah-setengah," kata Iwan Setiawan di Pontianak, Kamis.

Dirinya juga menyatakan bahwa pihaknya siap membantu distribusi logistik pemilu, terutama di wilayah-wilayah yang sulit dijangkau. TNI akan mengerahkan seluruh fasilitas transportasi yang dimiliki, termasuk helikopter dan transportasi air, untuk memastikan kelancaran pengiriman logistik ke daerah-daerah terpencil.

"Kami punya fasilitas udara dan laut yang bisa digunakan untuk membantu distribusi logistik di wilayah-wilayah yang akses-nya terbatas. Kami siap bekerja sama dengan KPU dan Bawaslu," ujarnya.

Iwan Setiawan juga mengajak seluruh kontestan pilkada untuk menjaga etika dan menciptakan suasana kondusif selama masa pemilu. Menurutnya, semua pihak harus bekerja sama untuk mewujudkan pemilihan yang damai dan aman, serta menjauhkan diri dari tindakan yang dapat merusak suasana demokrasi.

"Kami berharap semua pihak, termasuk kontestan, saling menghormati dan menjaga suasana yang kondusif agar pilkada berlangsung damai. Ini adalah tanggung jawab kita semua," ucap Iwan.

Dalam kesempatan yang sama, Penjabat Gubernur Kalimantan Barat, Harisson, menggarisbawahi pentingnya sinergi antara lembaga penyelenggara pemilu, aparat keamanan, dan masyarakat dalam menjaga keamanan dan integritas Pilkada.

"Sinergi antara penyelenggara pemilu, TNI, Polri, pemerintah, dan masyarakat sangat penting. Kami harus menjaga keharmonisan dan memastikan setiap tahapan Pilkada berjalan dengan baik, mulai dari kampanye hingga penghitungan suara," tutur Harisson.

Dia juga menambahkan bahwa keberhasilan Pilkada Serentak 2024 akan sangat bergantung pada kerja sama yang baik antara semua pihak, terutama dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama masa pemilu berlangsung.

Dengan dukungan dari TNI, Polri, dan seluruh elemen masyarakat, diharapkan Pilkada Serentak 2024 di Kalbar akan berlangsung dengan lancar, damai, dan demokratis.

"Kami optimistis bahwa dengan sinergi yang baik, pilkada di Kalbar akan menghasilkan pemimpin yang kredibel dan mampu membawa kemajuan bagi daerahnya," kata Harisson.

Pewarta: Rendra Oxtora dan Edo Saputra

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024