Jakarta (ANTARA) - Perayaan Idul Adha 1440 Hijriah dapat dimaknai sebagai momentum untuk sekaligus melakukan ibadah sosial dengan berbagi kasih melalui berkurban bagi mereka yang membutuhkan.

"Idul Adha ini kan hari raya kurban, ini ibadah sosial, dari sisi rasa kasih sayang dari yang ada kepada yang kurang ada dan sifatnya merata," kata Kepala Masjid Al Furqan Nanang Nurkholis saat ditemui Antara usai menunaikan Shalat Idul Adha yang diselenggarakan Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia, Jakarta, Minggu.

Dalam perayaan Idul Adha, dia berharap pimpinan dari yang paling atas hingga ke bawah yakni dari Presiden RI hingga pejabat di desa-desa memberikan contoh atau teladan agar kehidupan Indonesia menjadi lebih berkah serta harus dapat memberikan kebijakan-kebijakan yang berpihak kepada rakyat.

Ditemui terpisah, Sekretaris Masjid Al Furqan Abdul Kadir juga berharap agar Indonesia senantiasa dalam keadaan damai dan aman.

"Kita berharap kemakmuran atas bangsa tercinta ini, dan masyarakatnya rukun hidup berdampingan," tuturnya.

Sebelumnya, Lembaga Amil Zakat Nasional Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia menyalurkan sebanyak 720 hewan kurban dalam perayaan Idul Adha kepada masyarakat di daerah terpencil dan pedalaman di seluruh Tanah Air.

"Jadi jumlah keseluruhannya adalah 146 ekor sapi dan 574 ekor kambing. Dalam hal ini, Lembaga Amil Zakat Nasional Dewan Dakwah menebarkan hewan kurban ke seluruh pelosok daerah terpencil dan pedalaman di Nusantara yang tercinta ini," kata Abdul Kadir.
***3***
 

Pewarta: Martha Herlinawati S
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019