Guna mendukung Operasi Kepolisian Kontijensi Karhutla Intan 2019, jajarannya kini lebih fokus dalam upaya penanggulangan setiap titik api yang muncul.
Banjarmasin (ANTARA) - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Kalimantan Selatan mengerahkan sejumlah mobil patrolinya untuk membantu dalam menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah itu.

"Mobil patroli bak terbuka telah kami modifikasi untuk bisa membawa tandon air dan mesin pompa untuk dipergunakan dalam upaya melakukan pemadaman apabila ada titik api," kata Direktur Lalu Lintas Polda Kalsel Kombes Pol Muji Ediyanto di Banjarmasin, Rabu (14/8).

Diakui Muji, guna mendukung Operasi Kepolisian Kontijensi Karhutla Intan 2019, jajarannya kini lebih fokus dalam upaya penanggulangan setiap titik api yang muncul.

Salah satu wilayah yang mendapat perhatian yaitu kawasan sekitar Bandara Syamsudin Noor di Banjarbaru.

Baca juga: BPPT pantau pemanfaatan TMC untuk penanganan karhutla di Riau

"Wilayah bandara jadi atensi Kapolda, jadi kami fokus membantu kekuatan personel dalam penanggulangan karhutla di area tersebut," jelas Muji.
Anggota Ditlantas Polda Kalsel bersiaga dengan mobil patroli yang telah dimodifikasi untuk penanggulangan karhutla. (antara/foto/firman)


Sebagai lokasi siaga, beberapa unit mobil patroli Ditlantas yang telah dimodifikasi tersebut diletakkan di Posko Utama Karhutla Polda Kalsel di Jalan Ahmad Yani Km 21, Banjarbaru.

Muji berharap anggotanya yang bertugas bisa maksimal dalam mendukung operasi. Selain bertindak langsung sebagai unit pemadaman, Polantas juga harus bisa memastikan jalur-jalur yang dilalui kendaraan menuju titik api agar lebih mudah dan cepat.

"Pastikan juga jalur jalan yang dilintasi aman. Misalnya juga apakah bisa dilalui kendaraan roda empat atau hanya roda dua, di sini peran utama Polantas dalam penanggulangan Karhutla agar lebih efektif dan efisien upaya pemadamannya. Kalau memang tidak bisa jalur darat, segera informasikan ke satgas udara agar ditangani helikopter dengan water bombing," tandas Muji.

Baca juga: KLHK gencarkan sosialisasi pembukaan lahan tanpa bakar cegah karhutla
Baca juga: Pembakaran lahan di Palangka Raya sengaja dan diduga terorganisasi

Pewarta: Firman
Editor: Ridwan Chaidir
Copyright © ANTARA 2019