Badung (ANTARA) - Penyelenggara Ubud Village Jazz Festival (UVJF) 2019 menggelar pre-event UVJF 2019 di sejumlah tempat yang berbeda dengan menampilkan musisi berbagai negara sebagai rangkaian kegiatan UVJF yang akan diselenggarakan tgl 16-17 Agustus mendatang di Arma Museum, Ubud, Gianyar, Bali.

"Untuk malam hari ini kami menyelenggarakan pre-event di tiga tempat sekaligus dengan musisi yang berbeda, tentu berbeda pula reportoar jazz yang dibawakan. Suasana acara juga akan berbeda," ujar Vice Chairman UVJF, Astrid Sulaiman, di Denpasar, Rabu (14/8) malam.

Pre-event UVJF, hadir menarik dengan konsep “Jazz On The Hill” di Jendela Bali Garuda Wisnu Kencana, Badung, dengan panorama ikon kebanggaan Bali, Garuda Wisnu Kencana dengan kegiatan bersantap malam diiringi oleh musisi ternama Austria, Michaela Rabitsch.

Dalam penampilannya tersebut, penyanyi sekaligus pemain terumpet jazz itu tampil menghibur pengunjung berkolaborasi dengan, seorang komposer dan gitaris Robert Pawlik. Atas dukungan, konsulat Austria, itu adalah kali pertama bagi mereka tampil dalam panggung jazz Indonesia.

Di tempat yang berbeda, pre-Event UVJF juga diadakan di kawasan Aryaduta Bali dengan menampilkan musisi berkebangsaan Prancis yaitu, Vogayer4.

Kelompok musik tersebut membawakan jenis musik progressive jazz dan karya orisinil mereka sendiri.

"Melalui warna musik yang agak keras ini tentu cocok dengan suasana Kuta yang menjadi daerah di mana group band ini tampil," kata Astrid Sulaiman.

Selain penampilannya di Aryaduta itu, kelompok jazz yang terdiri dari Ohane Dourian, Galindo Cuadra, Gabriel Ferrari dan Paul Herry-Pasmanian sebelumnya telah menjalankan tur selama satu bulan penuh di Indonesia yang didukung oleh Institute Francais Indonesia.

Astrid menjelaskan, selain dua tempat itu, pada malam yang sama juga diselenggarakan pre-event UVJF 2019 di sebuah hotel di kawasan Sanur, Denpasar, yang diisi oleh penampilan dari Aaron Goldberg Trio.

Dimulai pada pukul 19.30 Wita, artis yang terkenal berasal dari New York, Amerika Serikat itu menampilkan dentingan pianonya yang khas ditemani oleh kedua rekannya yaitu, bassis Matt Penmann dan drummer Leon Parker.

"Kami berharap penampilan pre-event UVJF 2019 di tiga tempat, tiga penampilan dan tiga musisi yang berbeda pada pada satu malam ini dapat menambah ramai catatan memori para penikmat jazz dan dapat menarik minat mereka untuk datang di penyelenggaraan UVJF 2019 di Ubud," kata Astrid.

Baca juga: Suradipa The Journey dan "folksong" Suku Sasak

Baca juga: 7 tahun rehat, JakJazz guncang lagi negeri dengan revolusi teknologi

Baca juga: Puncak Jazz Festival 2020 ajang musik dunia angkat kearifan lokal

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019