Ribuan warga antusiasme saksikan penuruan bendera merah putih

Ribuan warga antusiasme saksikan penuruan bendera merah putih

Masyarakat Jakarta dan sekitarnya antusias memadati Jalan Merdeka Utara jelang detik-detik penurunan bendera sang merah putih pada upacara HUT ke 74 Republik Indonesia, Sabtu (17/8/2019) petang. (ANTARA/FAUZI LAMBOKA)

Jakarta (ANTARA) - Ribuan warga  Provinsi DKI Jakarta dan sekitarnya antusiasme memadati Jalan Merdeka Utara tepat di depan Istana merdeka dan sekitar pintu masuk Monumen Nasional (Monas) jelang detik-detik penurunan bendera sang merah putih pada upacara HUT ke 74 Republik Indonesia, Sabtu petang.

Antusiasme masyarakat menyaksikan peringatan tahunan itu, lebih besar dari detik-detik pengibaran bendera pada Sabtu pagi.

Kemeriahan itu ditambah lagi saat Presiden Joko Widodo menyambangi masyarakat yang berada di depan Istana Merdeka, bahkan sebagian warga foto bersama dengan Presiden.

Salah seorang warga asal Kota Bogor, Risna mengatakan dirinya hanya mengikuti detik-detik pengibaran bendera melalui layar televisi.

"Kebetulan ada teman yang ajak untuk nonton penurunan bendera, sekaligus bermalam minggu di Monas," kata Risna.

Panitia HUT ke 71 RI tingkat kenegaraan menyiapkan satu unit layar lebar tepat di depan Istana Merdeka, atau sekitar 50 meter dari pintu masuk Monumen Nasional arah jalan Medan Merdeka Utara dan jalan Medan Merdeka Barat.
Suasana di Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) stasiun Juanda, Jakarta, Sabtu (17/8/2019) petang. (ANTARA/FAUZI LAMBOKA)


Sejak Sabtu siang jelang petang hari, terlihat antrean begitu padat di jembatan penyeberangan orang stasiun Juanda. Stasiun kereta api itu merupakan stasiun terdekat menuju kompleks istana merdeka Jakarta dan tugu Monas.
Pewarta : Fauzi
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019