PDAM Jayapura jamin ketersediaan air jelang PON 2020 aman

PDAM Jayapura jamin ketersediaan air jelang PON 2020 aman

Dirut PDAM Jayapura Entis Sutisna. ANTARA/Hendrina Dian Kandipi/am.

Jayapura (ANTARA) - Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Jayapura menjamin ketersediaan air di venue-venue, mess atlet serta official khususnya Kota dan Kabupaten Jayapura menjelang pelaksanaan PON XX pada 2020 di Bumi Cenderawasih dengan kondisi aman.

Direktur Umum PDAM Jayapura Entis Sutisna di Jayapura, Jumat, mengatakan yang sudah disiapkan pihaknya pertama, melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait, untuk memastikan bahwa venue-venue yang akan dijadikan tempat bertanding betul-betul siap sarana air bersih.

"Seperti di wilayah Kabupaten Jayapura yakni arena Aquatic Kampung Harapan, kami sudah berkoordinasi dalam penyediaan air minum, dimana Stadion Papua Bangkit sudah dibangun fasilitas air bersih pada 2018 melalui APBD provinsi dan APBN Balai Sumber Daya Air Papua dan yang lainnya," jelasnya.

Baca juga: Kemdagri setujui 40 persen dana otsus di Papua untuk venue PON

Menurut Entis, untuk di GOR Waringin pun pihaknya akan melakukan rehabilitasi jaringan yang nantinya dana bersumber dari APBD provinsi begitupun dengan yang di GOR Cendrawasih dimana PDAM akan memantau pengerjaan yang akan dilakukan oleh Cipta Karya.

"Lalu di wilayah kota , ada venue voli indoor dan pasir di Koya, di mana akan dibangun sarana air bersih melalui dana APBN dan APBD, sehingga PDAM, sendiri bersifat koordinasi saja," ujarnya.

Baca juga: Mimika siap untuk sembilan cabang olahraga PON 2020

Dia menjelaskan pihaknya terus proaktif untuk mengetahui venue-venue apa saja yang disiapkan, tidak hanya itu, PDAM juga mempersiapkan arena dansa yang rencananya akan dibangun penampungan baru di mana jaringan pipa dari TMP yang masuk ke penampungan dibangun oleh PU provinsi dan di Buper juga PDAM kami akan mobile dengan menggunakan mobil tangki.

"Kemudian di Pantai Hamadi akan ada venue layar, tentunya selain ada jaringan pipa untuk kebutuhan atlet, kami juga menyiapkan mobil tangki, lalu di Lapangan Trikora, selanjutnya Uncen di arena sepatu roda, ski air tepatnya di Teluk youtefa, dan di lapangan tenis kantor walikota dan beberapa tempat lainnya," lanjutnyai.

Dia menambahkan keseluruhan venue sudah dilakukan inventarisasi, yang artinya koordinasi dengan pihak provinsi PU untuk memastikan ketersediaan air dari PDAM yakni ada atau tidak.

Baca juga: KEIN minta PLN jamin kesiapan listrik untuk PON di Papua
Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2019