PMI Kabupaten Banjar terjunkan personel padamkan karhutla di Kalsel

PMI Kabupaten Banjar terjunkan personel padamkan karhutla di Kalsel

Relawan PMI Kabupaten Banjar saat berjibaku memadamkan api yang membakar lahan sekitar 30 hektare di Kecamatan Martapura. (Foto: PMI Kabupaten Banjar).

Banjar, Kalsel (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan menurunkan sejumlah personelnya untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di sekitar Perumahan Pegawai Indrasari, Kecamatan Martapura.

"Ada delapan relawan yang kami turunkan untuk memadamkan kebakaran lahan rumput liar dan pepohonan dengan luas sekitar 30 hektare yang terbagi di beberapa titik," kata Wakil Sekretaris PMI Kabupaten Banjar M Jazuli Rahman melalui sambungan telepon, Senin.

Dia mengatakan dalam memadamkan kebakaran lahan tersebut pihaknya juga berkoordinasi dengan Emergency Banjar Response, tim Karhutla Polres Banjar, BPBD Kabupaten Banjar, Manggala Agni dan BPK Indas.

Baca juga: PMI Banjar bantu pemadam karhutla terluka saat memadamkan kebakaran

Selain menerjunkan personel, pihaknya juga menurunkan satu unit truk tanki, mesin alkon, selang penyalur enam rol dan satu unit ambulance. Personel yang dilibatkan dalam membantu memadamkan kebakaran itu baru tiba di Markas PMI Kabupaten Banjar sekitar pukul 19.15 WITA.

Satu relawan terpaksa harus dievakuasi karena mengalami sesak nafas saat berjibaku memadamkan api akibat terlalu banyak menghirup asap yang ditimbulkan dari kebakaran lahan.

"Kami akan menerjunkan kembali tim untuk membantu petugas pemadam karhutla hingga kondisi api dan bara benar-benar sudah padam, karena hingga kini masih ada api di beberapa titik," katanya.

Jazuli mengatakan pihaknya juga sudah menyebar masker kepada warga khususnya yang tinggal di lokasi terdampak asap kebakaran, selain itu mengimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan aktivitas yang bisa menyebabkan terjadinya kebakaran seperti membakar rumput dan lainnya.

Baca juga: Relawan PMI dikerahkan membantu memadamkan karhutla di Banjar Kalsel
Baca juga: 364,8 hektare lahan terbakar di Banjar


 
Pewarta : Aditia Aulia Rohman
Editor: Masnun
COPYRIGHT © ANTARA 2019