Antara Kalteng raih penghargaan dari Perpustakaan Nasional

Antara Kalteng raih penghargaan dari Perpustakaan Nasional

Menpan RB Syafruddin (kiri) menyerahkan piagam penghargaan Nugra Jasadharma Pustaloka kategori media massa dari Perpustakaan Nasional RI kepada Kepala Biro Antara Kalteng Rachmat Hidayat di Jakarta, Kamis, (5/9/2019) malam. (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Jakarta (ANTARA) - Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara Biro Provinsi Kalimantan Tengah berhasil meraih penghargaan Nugra Jasadharma Pustaloka 2019 dari Perpustakaan Nasional RI di Jakarta.

"Alhamdulillah, tadi malam kami menerima penghargaan Nugra Jasadharma Pustaloka dari Perpustakaan Nasional RI, ini merupakan pencapaian yang sangat luar biasa," kata Kepala Biro Antara Kalteng Rachmat Hidayat dihubungi dari Palangka Raya, Jumat.

LKBN Antara Biro Kalteng menerima penghargaan pada Kamis malam untuk kategori media massa dan merupakan satu-satunya penerima pada kategori tersebut. Diberikannya penghargaan itu, sebab selama ini Antara dinilai telah berjasa mendukung berbagai kegiatan dari perpustakaan.

Baca juga: ANTARA raih Baznas Award 2019

Perpustakaan Nasional RI menilai, Antara telah berdedikasi dan memberi dukungan besar terhadap kemajuan dan pengembangan perpustakaan, serta pembudayaan gemar membaca secara terus-menerus, baik di Kalteng secara khusus maupun Indonesia pada umumnya.

"Tujuan utama kami secara rutin membantu perpustakaan dalam program dan kegiatan yang mereka miliki, yaitu agar peningkatan budaya gemar membaca benar-benar bisa diwujudkan," katanya usai menerima penghargaan itu.
Duta Baca Indonesia Najwa Shihab (kiri), Kepala Perpustakaan Nasional RI Muhammad Syarif Bando (Kedua kiri), Menpan RB Syafruddin (ketiga kiri), Kepala Biro Antara Kalteng Rachmat Hidayat (ketiga kanan) dan pejabat publik lainnya di Jakarta, Kamis, (5/9/2019) malam. (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)
Lebih lanjut Rachmat mengatakan peran media massa pada saat ini sangatlah penting agar setiap program dan kegiatan yang dilaksanakan perpustakaan, baik di tingkat nasional maupun daerah bisa berjalan sukses.

Ini untuk membantu menyebarluaskan informasi sesuai tujuan yang hendak dicapai maupun berbagai dampak positif yang akan diterima nantinya, sebab tanpa adanya penyebaran informasi yang masif dan tepat, belum tentu program dan kegiatan positif bisa berjalan sukses serta didukung oleh masyarakat.

Baca juga: Wartawan ANTARA raih penghargaan karya jurnalistik Kemenristekdikti

"Kami ingin memaksimalkan peran dan fungsi Antara, agar seluruh lapisan masyarakat dan pihak terkait lainnya, khususnya di Kalteng menyadari, pentingnya perpustakaan untuk jalannya pembangunan," ujarnya.

Selain Antara, sejumlah pihak juga berhasil menerima penghargaan serupa dengan kategori berbeda pada 2019 ini. Mulai dari kategori pejabat publik, tokoh masyarakat, masyarakat, jurnalis hingga 'lifetime achievement'.

Pada malam penganugerahan itu, hadir Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia Syafruddin, Kepala Perpustakaan Nasional RI Muhammad Syarif Bando, Duta Baca Indonesia Najwa Shihab dan berbagai pihak terkait lainnya dari seluruh Indonesia.

Baca juga: Wartawan ANTARA raih penghargaan karya jurnalistik Kemenristekdikti
Pewarta : Kasriadi/Muhammad Arif Hidayat
Editor: Masnun
COPYRIGHT © ANTARA 2019