BEIJING--(Antara/BUSINESS WIRE)-- Hubungan historis antara Tiongkok dengan ASEAN merupakan landasan dasar "Jalur Sutera Maritim". Saat ini, kemitraan strategis antara Tiongkok dan ASEAN telah menjadi model dalam hubungan internasional tipe baru. Dalam beberapa tahun terakhir ini, dalam menghadapi situasi internasional yang bergejolak, Tiongkok dan ASEAN telah memimpin dalam menjaga perdamaian regional dan mempromosikan pembangunan bersama umat manusia.

Tren zaman sekarang telah membuat hubungan antara Tiongkok dan ASEAN semakin dekat. Tiongkok dan ASEAN memegang konsep strategis yang sama dan berharap untuk membangun dunia inklusif, saling menghormati, dan pembangunan damai. Dalam menghadapi "Amerika Pertama" dan proteksionisme perdagangan yang diusulkan oleh pemerintahan Trump, Tiongkok dan ASEAN memiliki posisi yang sama dan menentang politik kekuasaan dan pemikiran hegemonik. Kebijakan AS mencerminkan kesamaan strategis antara Tiongkok dan ASEAN, dan telah memperdalam kepercayaan dan pengertian antara kedua belah pihak ini.

Akumulasi sejarah telah memperdalam kerja sama Tiongkok-ASEAN. Setelah reformasi dan keterbukaan, ASEAN telah menjadi prioritas utama dari persahabatan bertetangga baik Tiongkok. Dari krisis keuangan Asia pada 1997 hingga krisis keuangan internasional pada 2008, kemitraan strategis antara Tiongkok dan ASEAN telah mengalami real test. Pada tahun 2003, Tiongkok dan ASEAN membentuk kemitraan strategis dengan tujuan bersama untuk saling membantu dan pembangunan bersama. Akumulasi kebijakan, emosi dan mekanisme yang disebutkan di atas telah membuat kedua belah pihak bekerja sama dengan cukup lancar di bawah "Inisiatif Belt and Road". Kerjasama antara kedua belah pihak di bidang ekonomi dan perdagangan, koordinasi kebijakan makro, infrastruktur, penyelamatan maritim, kontra-terorisme, budaya dan pendidikan telah mengalami kemajuan dengan hasil yang luar biasa.

The basic concept of "a community of shared future for mankind" advocated by China was included in the document, which means that the vision will become a historic blueprint for the establishment of a community of shared future between China and ASEAN. The development of China-ASEAN relations will also become an important model for the world to examine the new type of international relations and community of shared future proposed by China.

Tren masa depan akan memastikan kerja sama yang stabil dan substansial antara Tiongkok dan ASEAN. Pada tahun 2018, dengan persetujuan Visi Kemitraan Strategis Tiongkok-ASEAN 2030, Tiongkok telah menjadi negara pertama yang mengembangkan hubungan jangka panjang dengan ASEAN. Konsep dasar "komunitas masa depan bersama untuk umat manusia" yang dianjurkan oleh Tiongkok dimasukkan dalam dokumen, yang berarti bahwa visi tersebut akan menjadi cetak biru bersejarah untuk pembentukan komunitas masa depan bersama antara Tiongkok dan ASEAN. Pengembangan hubungan Tiongkok-ASEAN juga akan menjadi model penting bagi dunia untuk memeriksa tipe baru hubungan internasional dan komunitas masa depan bersama yang diusulkan oleh Tiongkok.

Nama PT. :vvmob Media

Hubungi: Martin
Email: mazheng0013@hotmail.com
Negara: Tiongkok
Website: Http://www.chinaasean.net 

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2019