Sleman (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) melakukan kampanye "Belanja di Warung Tetangga" untuk memberdayakan pemilik toko tradisional.

"Kampanye ini berupa undian belanja berhadiah di 34 warung yang telah ditentukan di seluruh kecamatan di Kabupaten Sleman," kata Kepala Disperindag Kabupaten Sleman Tri Endah Yitnani di Sleman, Rabu.

Menurut dia, kampanye tersebut merupakan upaya Disperindag Kabupaten Sleman untuk memberdayakan pemilik toko tradisional dan retail lokal agar mampu bersaing dengan toko modern.

"Maka dengan adanya undian belanja berhadiah ini diharapkan mampu menarik perhatian masyarakat dan kemudian dapat meningkatkan jumlah pembeli di toko tradisional," katanya.


Baca juga: Pemerintah dorong kemitraan ritel modern dengan warung

Ia mengatakan, kampanye tersebut adalah konsep untuk menyeimbangkan antara pelaku ekonomi kecil dan besar di Kabupaten Sleman.

"Ini merupakan wujud kehadiran Pemerintah Kabupaten Sleman agar toko tradisional dapat terus menjalankan, atau bahkan mengembangkan usahanya," katanya.

Tri Endah mengatakan bahwa kampanye Belanja di Warung Tetangga ini baru pertama kali diadakan oleh Disperindag Sleman.

Ia berharap terobosan ini dapat meningkatkan omset para pemilik toko tradisional.

"Kami targetkan ada kenaikan kunjungan pembeli sekitar 30 persen," katanya.

Ia mengatakan, Disperindag Sleman sebenarnya sudah pernah melakukan hal serupa, namun dilakukan untuk meningkatkan pembeli di pasar tradisional.

"Dengan adanya undian belanja berhadiah di pasar tradional tersebut dapat meningkatkan pengunjung ke pasar sebesar 20 persen. Maka diharapkan keberhasilan tersebut juga dapat diterapkan untuk meningkatkan pembeli di toko tradisional," katanya.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Disperindag Sleman menyerahkan kupon, brosur, dan kotak undian secara simbolis pada pemilik toko tradisional serta perangkat pemerintah kecamatan dan desa.

Nantinya pembeli akan mendapatkan kupon undian hadiah tersebut setiap pembelian Rp20.000 dan kelipatannya. Kupon undian ini tersedia mulai 1 Oktober sampai 15 November 2019, kemudian akan diundi pada 20 November 2019.

Hadiah yang telah disediakan yakni tiga buah sepeda motor, enam LED TV 40 inc, 12 kulkas, 20 magic com, 20 kipas angin, 20 kompor gas, 20 blander, dan lainnya.

Pada kesempatan tersebut juga disampaikan kampanye cinta lingkungan dengan mengurangi penggunaan barang berbahan plastik.

Upaya tersebut salah satunya dapat dilakukan mengurangi penggunaan kantong plastik untuk membawa barang belanjaan. Para pemilik toko diharapkan dapat mengimbau pembeli untuk membawa tas sendiri saat berbelanja.

Baca juga: Mendag minta Alfamart berdayakan warung tradisional
Baca juga: Tokomodal mudahkan pemilik warung utang belanjaan tanpa bunga

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2019