Banda Aceh (ANTARA) - Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Aceh Mahdi Efendi mengajak semua komponen di provinsi ujung paling barat Indonesia itu untuk mengutamakan kepentingan bangsa daripada kepentingan pribadi dan golongan.

"Mari kita bersama-sama menjadikan Hari Kesaktian Pancasila sebagai momentum untuk berkontribusi untuk meningkatkan pembangunan di berbagai sektor dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa," katanya di Banda Aceh, Selasa.

Baca juga: Hari Kesaktian Pancasila penting bangkitkan kesadaran membangun bangsa

Pernyataan itu disampaikannya usai upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang dipusatkan di Halaman Kantor Gubernur Aceh. Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila itu dipimpin Asisten I Setda Aceh M Jafar.

Ia mengatakan penerapan nilai-nilai Pancasila perlu terus ditingkatkan dalam kehidupan sehari-hari oleh seluruh generasi bangsa di Provinsi Aceh khususnya dan Indonesia umumnya.

Baca juga: Hari Kesaktian Pancasila jadi momentum perdamaian bangsa

"Mari kita bersama-sama menjadikan Hari Kesaktian Pancasila sebagai momentum untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa serta ukhuwah dalam menyongsong kehidupan berbangsa," katanya.

Ia juga menyarankan dalam penyampaian aspirasi kepada pemerintah di provinsi ujung paling barat Indonesia itu dapat dilakukan secara musyawarah guna mencarikan solusi terbaik.

Baca juga: Korem 045/Garuda Jaya: Pancasila sebagai kekuatan galang persatuan

"Setiap persoalan pasti ada solusinya sehingga tidak perlu dilakukan penyampaian aspirasi yang tidak baik dan berujung anarkis," katanya.

Upacara Hari Kesaktian Pancasila yang dipusatkan di halaman depan Kantor Gubernur Aceh dan diikuti aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Aceh berlangsung khidmat.

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2019