Tiga suku Kapuas Hulu akan gelar ritual saat Festival Danau Sentarum

Tiga suku Kapuas Hulu akan gelar ritual saat Festival Danau Sentarum

Perahu hias Dayak Tanambaloh pada penutupan Festival Danau Sentarum Betung Kerihun di Lanjak, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Sabtu (28/10/2017). (ANTARA/Timotius) (ANTARA/Timotius/)

Putussibau, Kapuas Hulu (ANTARA) -
Masyarakat Kapuas Hulu Kalimantan Barat mendukung penuh pelaksanaan Festival Danau Sentarum yang akan dilaksanakan pada 25 - 27 Oktober, bahkan tiga suku besar di daerah itu akan menggelar ritual adat.
 
" Ada tiga suku akan gelar ritual adat di kawasan Danau Sentarum yaitu Suku Tamambaloh, Iban dan suku Melayu," kata Pelaksanaan tugas Kepada Dinas Kependudukan, Olahraga dan Pariwisata Kapuas Hulu, Petrus Kusnadi, di Putussibau, Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat, Senin.
 
Dikatakan Petrus,  pelaksanaan festival Danau Sentarum sampai saat ini terus dipersiapkan agar acara berjalan lancar dan meriah.
Menurut dia, masyarakat Kapuas Hulu sangat antusias dan tidak sabar menunggu pelaksanaan, apalagi dalam Festival Danau Sentarum itu tetap mengedepankan kearifan lokal.
 
" Selain ritual adat akan ada tarian dan seni budaya kearifan lokal," ucap Petrus.
 
Disampaikan Petrus, dirinya terus mengontrol persiapan agar kegiatan tingkat nasional tersebut sukses dalam mempromosikan wisata Kapuas Hulu.
 
Bahkan, panitia mengundang pejabat pusat seperti pihak kementerian pariwisata dan pejabat penting lainnya di pusat mau pun dari Negara Malaysia.
 
" Informasi dari Ibu Erlinawati Nasir anggota DPD RI, minta siapkan undangan untuk 30 anggota DPD RI agar bisa hadir dalam Festival Danau Sentarum mendatang," jelasnya.
 
Petrus meminta untuk kelancaran Festival Danau Sentarum itu agar semua oganisasi perangkat daerah di Kapuas Hulu juga bisa berpartisipasi, karena ini menjadi event bersama, terutama Kapuas Hulu sebagai tuan rumah.
 
" Kita mesti tampilkan yang terbaik, sukses tidaknya Festival Danau Sentarum itu tanggung jawab bersama termasuk elemen masyarakat," kata Petrus.

Baca juga: Festival Danau Sentarum digelar pertengahan Oktober
Pewarta : Teofilusianto Timotius
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2019