Pangkalpinang (ANTARA) - PT Timah Tbk akan membangun Museum Timah Indonesia The Legend di Belinyu Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, guna mengoptimalkan fungsi aset bernilai bersejarah milik perusahaan berplat merah itu.

"Museum Timah Indonesia The Legend ini berada di pembangunan Kawasan Heritage Belinyu," kata Direktur Sumber Daya Manusia PT Timah Tbk, Muhammad Rizki di Belinyu, Jumat.

Ada empat gedung yang tersebar di Pulau Bangka yang merupakan aset bersejarah milik PT Timah Tbk yang dijadikan museum.

Empat aset tersebut yaitu Museum Timah Indonesia Muntok Kabupaten Bangka Barat, merupakan bekas Kantor Bangka Tin Winning (BTW), Museum Timah Indonesia di Kota Pangkalpinang merupakan beks rumah dinas BTW.

Selanjutnya, Museum Timah Indonesia Sungailiat Kabupaten Bangka dan terakhir Museum Timah Indonesia The Legend di Belinyu Kabupaten Bangka.

"Museum ini berbasiskan timah, karena timah merupakan pionir perjalanan sejarah pulau timah," ujarnya.

Menurut dia pembangunan Museum Timah Indonesia The Legend ini untuk memperkenalkan sejarah dan kebudayaan masyarakat Bangka Belitung, sehingga Belinyu dapat menjadi destinasi wisata edukasi dan sejarah bagi wisatawan.

"Kita ingin museum ini menjadi sentra wisata sejarah dan pendidikan di dunia, sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di daerah ini," katanya. 


Baca juga: Bekasi sulap Gedung Juang Tambun jadi museum

Baca juga: Museum Timah Indonesia bangun galeri produk UMKM

Pewarta: Aprionis
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2019