Jakarta (ANTARA) - Perawatan kulit wajah perlu dilakukan untuk mengurangi risiko mengalami kulit kering. Semakin bertambahnya usia, risiko mengalami kulit kering akan lebih besar. Tanda bahwa kulit mengalami kekeringan bisa berupa permukaan kulit wajah yang terasa kasar, mengelupas, pecah-pecah dan terasa gatal.

Ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang bisa dihindari atau mulai dilakukan untuk mempertahankan kelembapan kulit wajah.

Dokter Allert Benedicto Ieuan Noya dari Alodokter dalam keterangan resmi pada Sabtu, menuturkan beberapa kebiasaan yang sebaiknya dijalani untuk menjaga kelembapan kulit.

Pertama, basuh wajah dengan air biasa. Kadang kala udara dingin membuat kita ingin membasuh kulit dengan air hangat, tapi kebiasaan ini justru dapat memperburuk kondisi kulit kering.

"Saat mandi, sebaiknya batasi waktu mandi hanya sekitar 5-10 menit," ujar dia.

Baca juga: Kenali masalah kulit di usia di atas 50 tahun

Baca juga: Cegah kulit kering selama puasa dengan tiga cara ini


Mandi dengan air panas terlalu lama bisa menghilangkan minyak alami pelindung kulit. Lebih baik pilih air hangat, lalu keringkan kulit dengan cara menepuk dengan handuk secara pelan-pelan, jangan menggosok berlebihan.

Sabun yang mengandung pewangi tambahan pun kurang baik untuk kelembapan kulit. Bila dipakai terlalu banyak, sabun bisa menghilangkan minyak alami kulit.

Selain itu, cermat dalam memilih pembersih wajah. Disarankan untuk memilih produk yang lembut tanpa tambahan pengharum agar kulit terhindar dari iritasi kulit yang dapat menyebabkan kulit semakin kering.

Jangan lupa pakai pelembap setelah mencuci wajah. Menurut Allert, lebih baik pilih pelembap dalam bentuk krim atau salep untuk wajah kering, dibandingkan bentuk losion.

Pelembap dengan bahan terbaik adalah yang mengandung minyak alami, misalnya minyak zaitun dan jojoba. Selain itu, bahan lain yang juga dapat membantu kulit kering adalah lactic acid, hyaluronic acid, gliserin, lanolin, minyak mineral dan petrolatum.

Dia juga menyarankan untuk memakai pelembap dengan tekstur berminyak dan kental. Coba oleskan ke telapak tangan, lalu balikkan. Jika menetes, berarti pelembap belum cukup kental untuk kulit kering.

Selain itu, waspadai produk yang bisa membuat kulit kering seperti produk yang mengandung alkohol pengharum, retinoid dan alpha-hydroxy acid (AHA).

Baca juga: Mandi air hangat saat puasa percepat kehilangan cairan tubuh

Baca juga: Kenali penyebab muncul eksim pada kulit

Baca juga: Kenali tanda-tanda metabolisme tubuh lambat

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2019