Kepada Angkie, Presiden sampaikan tiga poin dukungan bagi difabel

Kepada Angkie, Presiden sampaikan tiga poin dukungan bagi difabel

Staf Khusus Presiden bidang komunikasi sektor sosial Angkie Yudistia saat berkunjung ke LKBN ANTARA, Jakarta pada Selasa (3/12/2019). (ANTARA/Bayu Prasetyo)

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo telah menyampaikan tiga poin perihal dukungan bagi difabel yang disampaikan kepada Staf Khusus Presiden Angkie Yudistia, salah satunya mengenai penghargaan kepada penyandang disabilitas yang memiliki prestasi olah raga.

"Pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olah Raga telah memberikan bonus yang sama rata dengan atlet-atlet nondisabilitas. Ini kan sejarah pertama kali dalam Presiden yang sekarang," ujar Angkie kepada ANTARA di Jakarta pada Selasa.

Menurut dia, saat ini pemerintah memberikan dukungan yang sama kepada difabel.

Hal itu, dapat menambah semangat atlet penyandang disabilitas dalam berlatih dan meraih prestasi.

Baca juga: Angkie cerita dukungan teman milenial sesama Stafsus Presiden

Selain itu, di bidang ketenagakerjaan pemerintah juga sudah memberi peluang bagi difabel untuk mendapat profesi yang serupa.

"Presiden membuka formasi jalur khusus untuk teman-teman penyandang disabilitas, melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Jadi formasinya itu 1.900 formasi yang terima untuk teman-teman disabilitas, baik pemerintah pusat maupun pemda," kata Angkie.

Poin ketiga, yakni penggunaan Dana Desa untuk mendukung difabel.

"Artinya sekarang pergerakan-pergerakan desa inklusif di mana teman-teman di desa kita juga bisa memberikan latihan, beasiswa karena sesuai visi Presiden bahwa menjadikan Indonesia Maju melalui SDM unggul," demikian Angkie.

Presiden Jokowi menunjuk Angkie sebagai staf khusus sekaligus Juru Bicara Presiden bidang Sosial.

Jokowi menilai dia sebagai perempuan muda penyandang disabilitas yang aktif bergerak di "sociopreneur" maupun organisasi internasional.

Baca juga: Stafsus Presiden Milenial ingin media lebih ramah pada kaum difabel
Baca juga: Angkie percayakan Thisable Enterprise kepada manajemen


 
Pewarta : Bayu Prasetyo
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019