Kebutuhan PLN saat ini lebih perkuat distribusi. Artinya, arus kas harus kuat
Jakarta (ANTARA) - Kementerian BUMN menyampaikan bahwa salah satu dasar penunjukan Zulkifli Zaini sebagai Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) yakni memiliki keahlian dalam bidang keuangan.

"Zulkifli ini ahli di manajemen keuangan. Kebutuhan PLN saat ini lebih perkuat distribusi. Artinya, arus kas harus kuat," ujar Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga di Jakarta, Senin.

Saat ini, ia mengatakan PLN tidak lagi menjalankan bisnis hulu atau pembangkit listrik, tetapi lebih memperkuat sisi hilir sehingga diharapkan dapat lebih menjangkau pelosok pedesaan. "Jadi memang harus kembali ke distribusi," ucapnya.

Baca juga: Kadin berharap pimpinan baru PLN berdampak positif peningkatan layanan

Sementara itu, Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini menyampaikan bahwa kesehatan neraca keuangan perusahaan merupakan salah satu poin penting agar dapat melaksanakan mandat pemerintah.

"Tidak ada perusahaan yang mampu melaksanakan mandat kecuali keuangannya baik. Jadi kami, direksi maupun komisaris akan upayakan agar keuangan PLN sehat neracanya, sehat cash flow-nya," ujar Zulkifli.

Baca juga: Erick Thohir tunjuk Zulkifli Zaini sebagai dirut PLN

Selain menjaga neraca keuangan, ia menambahkan, PLN juga dituntut untuk mengatasi pemadaman listrik dan tarif yang terjangkau bagi masyarakat.

"Kami menyadari harapan masyarakat, kita harus mampu atasi pemadaman listrik, sudah tentu tarif harus terjangkau," katanya.

Dengan demikian, ia mengatakan pihaknya akan meningkatkan penerapan tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance/GCG).

Baca juga: Pengamat: Zulkifli Zaini jadi Dirut demi fokus distribusi listrik PLN
Baca juga: RUPS PLN putuskan Zulkifli Zaini sebagai Dirut

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2019