Medco melihat bahwa pemanfaatan sumber daya energi domestik dan percepatan pertumbuhan energi bersih dan terbarukan untuk kebutuhan dalam negeri merupakan kunci sukses di sektor kelistrikan ...
Jakarta (ANTARA) - Presiden Direktur Medco Grup Hilmi Panigoro optimistis energi baru terbarukan (EBT) nasional akan semakin berkembang di bawah Direktur Utama PLN yang baru Zulkifli Zaini.

Medco sendiri mendukung terpilihnya Zulkifli Zaini sebagai Direktur Utama dan Amien Sunaryadi sebagai Komisaris Utama PLN, di bawah kepemimpinan Kementerian BUMN Erick Thohir.

“Medco melihat bahwa pemanfaatan sumber daya energi domestik dan percepatan pertumbuhan energi bersih dan terbarukan untuk kebutuhan dalam negeri merupakan kunci sukses di sektor kelistrikan yang pada akhirnya akan menurunkan defisit neraca energi nasional," kata Hilmi Panigoro kepada Antara di Jakarta, Selasa.

Kemudian, Eka Satria selaku Direktur Utama Medco Power, unit usaha Medco Energi di bidang kelistrikan, menyampaikan kesiapan perusahaan untuk menjadi mitra Pemerintah dan mendukung pengembangan kelistrikan nasional guna mencapai tujuan terwujudnya sektor ketenagalistrikan yang handal, efisien dan ramah lingkungan.

Baca juga: Amien Sunaryadi, Akuntan yang akan menjaga PLN dari aroma korupsi

Pendapat yang sama juga muncul dari Komisaris Utama PLN, Arifin Panigoro pendiri dari Medco Energi grup dan anggota Dewan Pertimbangan Presiden menegaskan dukungannya.

“Saya mengenal kedua figur ini, mereka quick learner dan mengerti apa yang dibutuhkan industri energi dan listrik, saya yakin dengan duo kepemimpinan ini akan bisa membawa PLN mempunyai listrik yang lebih andal, mandiri dan terjangkau kepada masyarakat luas,” katanya.

Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) telah memutuskan Zulkifli Zaini sebagai Direktur Utama (Dirut) menggantikan Sripeni Inten Cahyani yang selama ini menjabat Pelaksana Tugas (Plt) PLN sejak Agustus 2019.

Sebelum ditetapkan menjadi Dirut PLN, Zulkifli menjabat Direktur Bank Mandiri untuk periode 2010-2013. Zulkifli mengawali karier sebagai bankir sejak 1983 di Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo), salah satu bank BUMN yang melebur menjadi Bank Mandiri.

Selepas menduduki jabatan puncak pada Bank Mandiri, ia juga sempat menjadi Komisaris Independen Bank Negara Indonesia (Persero) pada 2015-2016.
Baca juga: Sah jadi dirut PLN, ini sederet PR Zulkifli Zaini

Pewarta: Afut Syafril Nursyirwan
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2019