... pesan agama seperti apa yang terus disampaikan di setiap program strategis Kemanag, yakni di antaranya soal menjadikan individu sholeh secara pribadi dan sosial.
Pontianak (ANTARA) - Wakil Menteri Agama RI, Zainut Tauhid Sa'adi meminta Aparatus Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kementerian Agama Provinsi Kalbar untuk memasyarakatkan pesan-pesan agama dalam berbangsa dan bernegara.

"Para ASN di lingkungan Kantor Kemenag Kalbar ini dengan segala perannya selain harus mendukung dan mendorong juga memasyarakatkan pesan - pesan agam agar menjadi roh dan sikap perilaku sebagai warga negara Indonesia," ujarnya saat kegiatan pembinaan ASN di lingkungan Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Kalbar, Jumat.

Ia menyebutkan pesan agama seperti apa yang terus disampaikan di setiap program strategis Kemanag yakni di antaranya soal menjadikan individu sholeh secara pribadi dan sosial.

"Setiap individu harus mampu menjadikan lingkungannya penuh kasih sayang, toleransi, hormat kepada sesama dan terus menjaga persaudaraan," kata dia.
Baca juga: ASN Kemenag pastikan masyarakat punya moral tinggi

Selanjutnya yakni bahwa setiap agama memiliki prinsip dan panduan tentang nilai kebaikan agar semua bisa hidup berdampingan. Semua insan harus menerima perbedaan dan perbedaan itu dijadikan sebuah kekayaan, bukan sumber perpecahan.

"Di tengah negara plural ini pasti memiliki perbedaan dan pandangan yang beragam, kita harus tetap satu di bawah NKRI. Kita harus belajar kepada negara yang runtuh karena tidak mampu mengelola dan menghormati perbedaan. Kembali, perbedaan harus menjadi kekayaan," jelas dia.

Menurutnya, semangat nasionalisme dan keagamaan harus sejalan dan saling melengkapi. Ia bersyukur di Indonesia persoalan ini sudah diselesaikan oleh pendiri bangsa dengan lahirnya pancasila.

"Pendiri bangsa sudah bisa menyatukan nilai kebanggaan dan agama. Nah, tugas kita semua menjaga semangat kebangsaan dan keagamaan untuk menjadi pijakan kita dalam berbangsa dan bernegara," jelas dia.
Baca juga: Wamenag: Sertifikasi dai sifatnya sukarela

Paham - paham yang patu dihindari oleh semua pihak kata dia yakni menganggap kelompoknya paling benar. Sedangkan kelompok lainnya tidak benar dan bahkan kafir. Kemudian paham yang juga sangat bebas di mana atas nama demokrasi dan HAM berbuat sebebas - bebasnya nya.

"Kedua paham tersebut harus kita hindari.Kita dalam bernegara dan beragama harus sejalan," kata dia.

Selain meminta ASN di lingkungan Kantor Kemanag Kalbar, Zainut juga meminta tokoh agama dan masyarakat terus menjadi cermin dan tauladan bagi masyarakat.

"Para tokoh harus bisa memandu dan menjadi tauladan agar ajaran agama untuk duduk bersama menjadi keharusan, sikap terpuji dan akhlak terpuji hadir di tengah masyarakat. Peran semua pihak menjadi kewajiban untuk menjadikan negara ini lebih religi," ajak dia.
Baca juga: Wamenag: Regulasi tidak beri sanksi majelis taklim

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag Kalbar, Ridwan sangat menyambut baik hadirnya Wamenag. Menurutnya hadirnya Wamenag dapat memberikan informasi dan arahan kepada seluruh ASN di Kemanag Provinsi Kalbar.

Pada kesempatan itu ia menyampaikan bahwa di Kalbar terdapat 3.597 pegawai di lingkungan Kemanag Provinsi Kalbar. Kemudian di setiap kabupaten atau kota di Kalbar sudah terbentuk Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB).

"Kita akan memaksimalkan peran kita untuk pembangunan di bidang agama di Kalbar. Terima kasih atas arahan Wamenag," papar dia.
Baca juga: Wamenag dukung sertifikasi program pembekalan pranikah

Pewarta: Dedi
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2020