Angka kecelakaan di PJB dari tahun ke tahun ada penurunan, dan untuk pegawai sudah zero accident, sedangkan pihak lain yang bekerja di unit kita masih ada, oleh karena itu kami akan lakukan induksi
Malang (ANTARA) - PT Pembangkitan Jawa-Bali (PJB) akan melakukan sertifikasi vendor atau pihak ketiga yang bekerja pada perusahaan itu, untuk menekan angka kecelakaan kerja yang masih terjadi selama setahun terakhir.

"Angka kecelakaan di PJB dari tahun ke tahun ada penurunan, dan untuk pegawai sudah zero accident, sedangkan pihak lain yang bekerja di unit kita masih ada, oleh karena itu kami akan lakukan induksi," kata Direktur SDM dan Administrasi PT PJB, Suharto, Senin.

Suharto pada pembukaan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) PT PJB di Unit Pembangkitan Brantas, Malang, Jawa Timur, berharap dengan upaya sertifikasi bisa menekan angka kecelakaan kerja, khususnya pada pihak ketiga.

Baca juga: Kementerian ESDM : Energi baru terbarukan tidak boleh ditawar

Suharto mengatakan, pihaknya juga akan melakukan pembekalan terhadap pihak ketiga di setiap unit pekerjaan di PJB, tujuannya agar sama-sama mendapatkan nol angka kecelakaan kerja.

"Untuk tahun kemarin terjadi kecelakaan di dua tempat, dan tahun ini sudah minim sekali," katanya.

Dengan upaya itu, kata dia, para rekanan bisa menjamin pelaksanaan K3 dalam pelaksanaan pekerjaannya.

Baca juga: Pemkab Gresik sepakati pembangunan Tugu "Garling" bersama PJB

"Pada Oktober 2019, kami juga telah menerapkan ketentuan 'Contractor Safety Management System' (CSMS) untuk pihak ketiga yang ingin mengikuti lelang pekerjaan di lingkungan PJB maupun anak perusahaan PJB, dan wajib melakukan pendaftaran dan prakualifikasi secara online," katanya.

Sejumlah isian dan bukti pendukung terkait pelaksanaan K3, kata dia, juga akan dipertanyakan dalam setiap pendaftaran CSMS. Hasilnya, berupa kualifikasi CSMS perusahaan akan menjadi bahan pertimbangan dalam proses tender.

"Penerapan CSMS menjadi pendorong bagi rekanan untuk turut berperan dalam menaati serta membudayakan K3. Dengan segala persyaratan yang ada para rekanan diharapkan dapat lebih aware untuk meningkatkan pelaksanaan K3 di lingkungan kerjanya," tuturnya.

Sementara pada peringatan Bulan K3 yang dipusatkan di Malang, PT PJB menggelar kompetisi dan sejumlah lomba, di antaranya lomba fire & rescue, lomba simulasi tanggap darurat unit manajemen krisis beserta stakeholder engagement program.

Selain itu, juga lomba ide kreatif safety, lomba index cleaness coal handling facility, lomba video microlearning K3 dan lomba implementasi K3.

Baca juga: PJB pastikan pasokan listrik lancar selama Lebaran 2019
 

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020