Jakarta (ANTARA) - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menyatakan siswa dapat melakukan pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) mulai hari ini atau 14 Februari pukul 14:00 WIB sampai dengan 27 Februari 2020 pukul 23:59 WIB.

Dalam keterangan tertulisnya Ketua LTMPT, Prof Mohammad Nasih mengatakan siswa yang dinyatakan layak diminta untuk memperhatikan kerangka waktu pendaftaran SNMPTN.

Berikut tahapan pendaftaran SNMPTN. Pertama, siswa melakukan login melalui Portal LTMPT di laman https://portal.ltmpt.ac.id menggunakan akun LTMPT yang telah dibuat sebelumnya.

Baca juga: LTMPT : Perpanjangan waktu pendaftaran hanya untuk finalisasi data

Kedua, siswa memilih menu pendaftaran SNMPTN. Ketiga, siswa mengisi pilihan PTN dan pilihan program studi. Pilihan paling banyak dua program studi, dengan alternatif pemilihan yakni memilih dua program studi dalam satu PTN, memilih masing- masing satu program studi dari dua PTN, dan memilih hanya satu program studi pada satu PTN.

Keempat, siswa yang memilih program studi seni dan olahraga harus mengunggah dokumen portofolio sesuai program studi pilihannya. Contoh portofolio tersedia di laman Pendaftaran SNMPTN.

Kelima, siswa dapat mengunggah dokumen prestasi tambahan yang dimiliki. Keenam, siswa melengkapi isian data diri, identitas orang tua, dan data ekonomi keluarga.

Ketujuh, siswa mengisi data ketunaan (bila diperlukan). Kedelapan, siswa menyetujui Pernyataan Keikutsertaan SNMPTN dengan memberi tanda centang pada kolom yang tersedia.

Terakhir, siswa melakukan finalisasi pendaftaran dan dilanjutkan dengan mencetak Kartu Tanda Peserta sebagai bukti Peserta SNMPTN 2020. Setelah finalisasi dan cetak kartu, siswa tidak bisa melakukan perubahan data dengan alasan apa pun.

Pendaftaran dinyatakan selesai setelah siswa melakukan pencetakan Kartu Tanda Peserta SNMPTN.Siswa yang tidak melakukan pencetakan Kartu Tanda Peserta, dianggap tidak menyelesaikan pendaftaran dan tidak diikutsertakan pada Seleksi SNMPTN 2020.

Bagi siswa yang mengalami kendala teknis dalam pendaftaran SNMPTN dapat menghubungi layanan 0804 1 450 450 atau https://halo.ltmpt.ac.id.

Baca juga: Masih banyak sekolah yang belum registrasi akun di laman SNMPTN
 

Pewarta: Indriani
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020