Kabaharkam Polri hadiri baksos bersama TNI tingkatkan sinergitas

Kabaharkam Polri hadiri baksos bersama TNI tingkatkan sinergitas

Kabaharkam Polri Komjen Pol Agus Andrianto (kiri) saat tiba di Mako Batalyon Infanteri 410/Alugoro, Blora, Jawa Tengah. (Istimewa)

Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri Komjen Pol Agus Andrianto mengungkapkan kebahagiaannya saat hadir di tengah-tengah keluarga besar TNI dalam kegiatan bakti sosial dan bakti kesehatan Polri di Blora, Jawa Tengah, yang merupakan cerminan sinergitas TNI-Polri.

"Saya sangat senang bisa datang ke sini karena saya lahir dan besar di sini. Saya dibesarkan pula dari keluarga TNI. Keluarga saya banyak yang TNI dan istri saya juga anak dari prajurit TNI berpangkat Letkol. Kita di sini untuk menjalin erat sinergitas," kata Komjen Pol Agus Andrianto, melalui siaran pers Polri, Jumat.

Baca juga: Kabaharkam Polri kunjungi Bataliyon 410 Blora

Kabaharkam mendarat di Batalyon Infanteri 410/Alugoro pada Jumat menggunakan helikopter milik Polda Jateng dan langsung disambut oleh jajaran TNI-Polri.

Dalam kesempatan itu, Agus bersilaturahim dengan prajurit TNI di Mako Batalyon Infanteri 410/Alugoro.

Baca juga: Bhakti sosial, Polri gelar operasi peduli bibir sumbing dan katarak

Ia mengatakan TNI-Polri memiliki tugas yang sama yakni menjaga NKRI, yang membedakan hanya soal seragam saja.

"Kita sebenarnya tidak ada perbedaan. Hanya saja, seragam yang membedakan. Tapi jika kita buka seragam, kita satu jiwa satu sepenanggungan," katanya.

Baca juga: Baharkam Polri dan ICITAP perkuat kerja sama keamanan

Agus kemudian mengenang masa mudanya di Blora, Jawa Tengah.

Ia menganggap Blora punya kenangan yang manis karena titik awal meniti karirnya yang dimulai di kota tersebut.

"Saya juga dulu biasa main di sini. Dulu pada saat SMA mendapatkan pelatihan Paskibraka, sehingga kita juga punya kesempatan meniti karir," ujarnya.

Baca juga: Baharkam Mabes Polri bantu ribuan warga prasejahtera Sampang

Agus menyatakan bahwa rangkaian bakti sosial dan bakti kesehatan yang digelar Polri bertujuan untuk mewujudkan Polri yang peduli terhadap masyarakat dengan memberikan pelayanan serta untuk mendukung program pemerintah dalam pemerataan ekonomi kerakyatan dan program prioritas Kapolri.

"Kami mengemban tugas dari pak Kapolri dalam rangka kegiatan bakti sosial, kesehatan di Provinsi Jawa Tengah. Kebetulan ini merupakan program dari Polri, jadi kami melaksanakan tugas pak Kapolri untuk memberikan pelayanan kesehatan di masyarakat, terutama masyarakat kurang mampu dan yang membutuhkan bantuan pengobatan dan kesehatan," katanya.

Selain itu, acara tersebut juga bertujuan untuk mendukung sinergitas TNI-Polri.

Rangkaian kegiatan bakti sosial ini sudah dimulai sejak Kamis (13/2) dengan kegiatan operasi bibir sumbing dan katarak di Rumah Sakit Bhayangkara Prof Awaloedin Djamin, Semarang yang dilaksanakan oleh Pusdokkes Polri.

Selain itu juga akan diadakan pembagian 3.000 paket sembako untuk masyarakat Blora di Stadion Kridosono, Sabtu (15/2) yang dihadiri Agus dan rombongan.

Sementara itu, Danyonif 410/Alugoro Letkol Inf Loka Jaya Sembada mengatakan kunjungan Agus merupakan bentuk soliditas antara TNI dan Korps Bhayangkara.

"Ini salah satu wujud nyata demi persatuan, kesatuan, dan kemajuan bangsa, khususnya di wilayah Kabupaten Blora ini," katanya.

Bupati Blora Djoko Nugroho mengapresiasi kehadiran Polri untuk melaksanakan kegiatan bakti sosial dan bakti kesehatan.

Menurut dia, kehadiran Polri bukti pemerintah hadir untuk menyejahterakan rakyat.

"Kami Forkopimda juga masyarakat Kabupaten Blora betapa bangganya hari ini putra terbaik bangsa, kepolisian, dan Blora datang kembali ke tanah kelahirannya dengan melaksanakan bakti sosial kesehatan kepada masyarakat. Ini bukti kehadiran pemerintah kepada masyarakat luar biasa," katanya.

Dalam kesempatan itu Kabaharkam Polri didampingi di antaranya Kakorpolairud Baharkam Polri Irjen Pol Lotharia Latif, Kakorbinmas Baharkam Polri Irjen Pol Herry Wibowo, Dirbinpotmas Baharkam Polri Brigjen Pol Tajuddin, dan Karo PID Divisi Humas Polri Brigjen Pol Syahardiantono.
Pewarta : Anita Permata Dewi
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 1970