Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 2.414 personel gabungan dari Kepolisian dan TNI menjaga keamanan dan ketertiban saat berlangsungnya Reuni PA 212 di Kawasan Medan Merdeka, Jakarta Pusat.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Heru Novianto mengatakan petugas terdiri atas 2.084 Polri dan 330 personel TNI. "Mereka ditempatkan di seputar aksi massa," kata Heru di Jakarta, Jumat.

Dalam apel gabungan menjaga keamanan Reuni 212 itu, Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Wahyu Hadiningrat turut hadir. Dia meminta seluruh petugas keamanan mengedepankan pengamanan yang humanis.

"Dalam pelaksanaan pengamanan tidak ada yang menggunakan senjata api. Tolong laksanakan tugas dengan humanis," kata Wahyu Hadiningrat.

Sebagai langkah antisipasi pengamanan Reuni 212, Ditlantas Polda Metro Jaya juga melakukan rekayasa lalu lintas untuk kawasan Medan Merdeka karena adanya beberapa akses jalan yang ditutup seperti Jalan Medan Merdeka Barat di kedua jalurnya.

Baca juga: Mahfud imbau aksi 212 tertib
Baca juga: Polri siap mengamankan Aksi 212 pada Jumat


Berikut adalah pengalihan arus yang disampaikan Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar sebagai antisipasi terkait kegiatan Reuni 212.

1. Arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya yang akan menuju Jalan Veteran III diluruskan ke Harmoni.

2. Arus lalu lintas dari Jalan Medan Merdeka Timur yang akan menuju Jalan Medan Merdeka Utara dibelokkan ke kanan ke Jalan Perwira.

3. Arus lalu lintas dari Jalan Ridwan Rais yang menuju Jalan Medan Merdeka Selatan diluruskan ke Jalan Medan Merdeka Timur.

4. Arus lalu lintas dari jalan MH Thamrin yang akan menuju Bundaran Patung Kuda, dibelokkan ke kiri atau ke kanan ke Jalan Kebon Sirih.

5. Arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis yang akan belok ke kiri ke Jalan Budi Kemuliaan, diluruskan ke Jalan Fachrudin. Sementara arus lalu lintas dari Jalan Fachrudin yang akan belok ke kanan ke Jalan Budi Kemuliaan akan diluruskan ke Jalan Abdul Muis.

6. Arus lalu lintas dari Jalan Tanah Abang II yang akan lurus ke Jalan Museum dibelokkan ke kiri maupun ke kanan. Arus lalu lintas dari Jalan Majapahit yang akan belok ke kiri ke Jalan Museum diluruskan ke Jalan Abdul Muis.

7. Sementara arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis yang akan belok kanan ke Jalan Museum diluruskan ke Jalan Majapahit.

8. Arus lalu lintas dari Jalan Hayam Wuruk yang akan lurus ke Jalan Majapahit dibelokkan ke kiri ke Jalan Juanda. Sementara arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya yang akan belok kiri ke Jalan Majapahit diluruskan ke Jalan Suryo Pranoto maupun dibelokkan ke kanan ke Gajah Mada.

Baca juga: Polisi alihkan rute lalu lintas jelang aksi reuni 212

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2020