Bulukumba, Sulsel (ANTARA News) - Sebanyak delapan rumah milik warga pesisr pantai Kalumeme, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel) rusak akibat hantaman ombak besar, Senin.

Satu dari delapan rumah tersebut hancur setelah mendapatkan terjangan ombak besar, bahkan ratusan rumah yang berdiri di pesisir pantai Kalumeme ini terancam dengan ketinggian ombak sekitar 3-4 meter.

Agus, salah seorang warga yang rumahnya rusak akibat hantaman ombak ini mengaku jika ketinggian ombak sekitar 3-4 meter ini baru terjadi selama dua hari terakhir ini.

"Biasanya ombak memang besar tapi ketinggiannya tidak sampai 3-4 meter pada hari-hari sebelumnya. Setelah ketinggian ombak sudah di atas kewajaran ini delapan rumah warga langsung rusak akibat kerasnya hantaman ombak itu," ujarnya.

Sebagian warga yang rumahnya rusak parah lebih memilih mengungsi ke rumah tetangganya maupun kerabatnya untuk sementara waktu. Sedangkan sebagian warga lainnya secara bergotong royong ikut membantu melakukan perbaikan terhadap warga yang terkena musibah.

Sementara itu, sebagian warga lainnya yang khawaatir dengan gelombang pasang yang belum normal ini mulai mengantisipasi terjangan ombak dengan cara menguatkan tiang penyangga dan menambahkan kayu penyangga rumahnya.

"Meskipun rumah saya tidak rusak karena terjangan ombak besar tersebut namun hantaman ombak secara terus menerus bisa merusak rumah saya dan warga lainnya," ujar warga lainnya, Mansur.

Karena itu, lanjutnya, dirinya bersama warga pesisir pantai lainnya secara bergotong royong memperbaiki rumah yang rusak sekaligus menambah tiang penyangga agar kuat menahan terjangan ombak.

Selain itu, dirinya mengharapkan kepada pemerintah setempat untuk bisa turun langsung memantau situasi rumah korban yang mengalami kerusakan.(*)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009