Moskow (ANTARA) - Majelis rendah parlemen Rusia pada Rabu menyatakan persetujuan terhadap perubahan konstitusional yang memungkinkan Presiden Vladimir Putin untuk kembali mencalonkan diri sebagai presiden dalam pemilihan tahun 2024.

Duma Negara, nama parlemen tersebut, yang terdiri dari 450 jumlah kursi, melakukan pemungutan suara mengenai perubahan regulasi itu dengan total yang setuju sebanyak 383 suara.

Sementara hasil pemungutan menunjukkan tidak ada satu pun yang tidak setuju, namun 43 anggota majelis memilih abstain, dan 24 anggota lainnya absen.

Setelah mendapat persetujuan dari majelis rendah, usulan mengenai perubahan regulasi masih harus ditinjau oleh bagian parlemen lainnya, termasuk majelis tinggi pada Rabu pekan depan.

Bagaimanapun, sejauh ini tidak ada oposisi yang  diharapkan dapat menjegal usulan tersebut.

Baca juga: Oposisi Rusia berencana demo menentang usulan Putin ubah konstitusi
Baca juga: Parlemen dukung PM pilihan Putin setelah "Revolusi Januari"


Putin merupakan tokoh yang mendominasi dunia politik Rusia selama dua dekade terakhir, baik sebagai presiden maupun perdana menteri.

Pada Januari lalu, Putin telah mengumumkan soal usulan perubahan regulasi itu, namun memerlukan persetujuan lebih lanjut dari parlemen.

Selasa (10/3), Putin membuka jalan bagi perubahan konstitusional tersebut dengan kemunculan mendadak di hadapan anggota parlemen.

Dalam pidatonya, Putin menyampaikan bahwa dia menyerahkan usulan perubahan regulasi pada keputusan mahkamah konstitusi, yang secara formal akan menghitung periode pemerintahannya dari nol.

Jika mahkamah konstitusi memberikan restu bagi usulan amandemen serta mendukungnya dalam pemungutan suara nasional pada April mendatang, Putin dapat kembali menjabat sebagai presiden dengan periode enam tahun.

Dengan usia 67 tahun saat ini, ada kemungkinan Putin bisa terus berkuasa selama dua periode berikutnya, 12 tahun setelah pemilihan presiden 2024, hingga 2036 di mana dia akan berusia 83 tahun.

Situasi ini membuat Alexei Navalny, seorang politisi oposisi, menyebut dirinya yakin Putin berupaya untuk menjadi presiden seumur hidup.

Sementara itu, Putin sendiri tidak menjelaskan rencana masa depannya setelah 2024, namun menyebut dia tidak tertarik menjadi pemimpin seumur hidup yang umum terjadi di masa Uni Soviet.

Sumber: Reuters

Baca juga: Putin perintahkan persiapan usulan amendemen konstitusi
Baca juga: PM Rusia mundur terkait rencana Putin ubah konstitusi

Penerjemah: Suwanti
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2020