KRI Semarang menuju Tanjung Priok bawa ABK Diamond Princess

KRI Semarang menuju Tanjung Priok bawa ABK Diamond Princess

KRI Semarang-594 siap berangkat menuju Pelabuhan Kolinlamil di Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu (15/3/2020) (ANTARA/Fauzi Lamboka)

Jakarta (ANTARA) - KRI Semarang-594 membawa 68 Warga Negara Indonesia (WNI) anak buah kapal (ABK) Diamond Princess menuju Pelabuhan Kolinlamil di Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu sekitar pukul 07.45 WIB.

Perjalanan kapal diperkirakan sekitar tiga jam dan tiba di Tanjung Priok sekitar pukul 11.00 WIB. Pantauan ANTARA dari Dermaga Pulau Lipan, KRI Semarang membunyikan satu kali klakson panjang tanda perjalanan kapal dimulai.

Selain ABK Diamond Princess, ikut pula 10 kru penjemput dan 45 pendamping kesehatan selama proses observasi terkait virus Corona (COVID-19) di Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu.

Baca juga: ABK Diamond Princes mulai masuk ke KRI Semarang-594

Panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) Laksamana Madya Yudo Margono ikut dalam perjalanan kapal tersebut.

Seperti direncanakan sebelumnya, Laksamana Madya Yudo akan menyerahkan para ABK itu kepada Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) atau yang mewakili.

Selanjutnya, Menteri Kesehatan atau yang mewakili akan menyerahkan sertifikat sehat atau negatif COVID-19 kepada peserta observasi. Para ABK itu terdiri dari 66 laki-laki dan dua perempuan.

Baca juga: 68 ABK Diamond Princes mulai dikeluarkan dari Pulau Sebaru

69 WNI ABK Diamond Princess dari Yokohama Jepang tiba di Pulau Sebaru Kecil sejak Senin (2/3). Mereka dijemput KRI dr Soeharso-990 dari dari Pelabuhan PLTU Indramayu.

Satu di antaranya dinyatakan positif COVID-19, sebelum masuk ke Pulau Sebaru Kecil.
Pewarta : Fauzi
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2020