Jakarta (ANTARA) - Koordinator Relawan Gugus Tugas Andre Rahadian mengatakan bantuan dari masyarakat bagi penanganan COVID-19 di Indonesia akan diprioritaskan bagi seluruh tenaga medis yang bekerja di lapangan merawat para pasien penyakit mematikan itu.

"Sudah ada (masyarakat) yang menyampaikan bantuannya berupa uang tunai dan ini akan dipergunakan untuk memberikan dukungan pada dokter dan perawat yang saat ini berjuang di garis depan di rumah sakit, baik rumah sakit rujukan maupun rumah sakit umum yang menangani pasien COVID-19," kata Andre di Gedung BNPB Jakarta Timur, Rabu.

Baca juga: Gugus Tugas sebar relawan medis tangani COVID-19

Dana sukarela dari masyarakat yang telah terkumpul, kata Andre, nantinya akan dibelikan makanan bergizi guna menunjang kesehatan para tenaga medis dalam merawat pasien-pasien COVID-19.

"Kita juga support vitamin dan suplemen-suplemen lain. Hal ini juga mencakup relawan-relawan lain yang akan didistribusikan," kata Andre.

Ia berharap semakin banyak masyarakat, terutama pengusaha dan organisasi yang dapat membantu dan menyumbangkan dana guna mendukung penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia.

Lebih lanjut, Andre mengatakan dalam kurun waktu satu hingga dua hari ke depan Tim Relawan Gugus Tugas COVID-19 akan mendata keperluan yang dibutuhkan di lapangan, terutama untuk alat- alat yang saat ini kurang, sehingga mempermudah proses pengiriman bantuan dari masyarakat untuk para petugas.

"Jadi, dalam beberapa hari ke depan pengumpulan distribusi dan penyebaran di mana saja, akan kami sampaikan secara lebih rinci bisa dilakukan lewat telecoference seperti ini dan juga akan di post di website resmi BNPB serta gugus tugas COVID-19," kata Andre.

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2020