Dua PDP di Biak dinyatakan negatif Corona

Dua PDP di Biak dinyatakan negatif Corona

Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap S.SI,M.Pd didampingi Sekda Markus Mansnembra, Direktur RSUD dr R.Ricardo Mayor M.Kes dan juru bicara gugus tugas pencegahan COVID-19 Daud Duwiri mengumumkan hasil pemeriksaan sampel dua PDP Biaj,Kamis (26/3).(ANTARA/HO-Kasubag Humas Biak Fiktor P)

Jayapura (ANTARA) - Dua orang yang masuk sebagai Pasien Dalam Pemantauan (PDP) di RSUD Biak, Papua dinyatakan negatif terinfeksi Virus Corona, setelah hasil pemeriksaan laboratorium diterima pihak satuan tugas penanganan COVID-19.

Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap, S.Si., M.Pd, dalam keterangan pers di Posko Induk Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Kamis malam.

Kedua pasien PDP itu adalah seorang pria (24) dengan nomor 01, dan pasien perempuan (39) dengan nomor 02 dinyatakan bebas dari Virus Corona setelah ada hasil pemeriksaan atau uji sampel di Laboratorium Litbangkes Jakarta yang telah diterima pihak RSUD Biak, Kamis ini.

"Hasil uji laboratorium terhadap sampel di Laboratorium Litbangkes Jakarta sudah ada, kita patut syukuri bersama karena hasilnya negatif," kata Bupati Herry A Naap yang juga bertindak sebagai Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Biak Numfor dalam keterangan tertulis Kasubag Humas Fiktor diterima Kamis malam.
Baca juga: Cegah COVID-19, Polres Biak patroli malam imbau tutup cafe

Meski hasil uji laboratorium kedua pasien PDP itu dinyatakan negatif, masyarakat dan semua pihak diminta tetap waspada dan menjaga diri serta mendukung upaya-upaya pencegahan yang terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Biak Numfor bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Biak Numfor.

"Kita harus tetap waspada terhadap virus ini, tetapi masyarakat jangan panik dan jangan mudah percaya hoaks. Mari kita terus memperhatikan tindakan-tindakan pencegahan, saya berharap semua pihak ikut mendukung komitmen pemerintah, mulai dari pusat sampai ke daerah yang terus melakukan berbagai upaya perlawanan terhadap penyebaraan Virus Corona ini," ujar Bupati, didampingi Sekda Markus O. Mesnembra.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Biak Numfor Daud Duwiri, S. KM, M.Kes mengatakan, dengan adanya hasil uji laboratorium itu maka kedua pasien PDP yang dinyatakan negatif (tidak terinfeksi Virus Corona) akan dipulangkan secepatnya setelah dinyatakan kondisinya sudah pulih benar.

Sedangkan untuk beberapa orang yang masuk dalam kategori Orang Dalam Pengawasan (ODP) saat ini mengarantinakan diri di rumah masing-masing tetap dalam pengawasan.

"Jadi berbagai langkah diambil oleh pemerintah pada dasarnya untuk menjaga Kabupaten Biak Numfor bebas dari Virus Corona, dan semua pihak diharapkan ikut mendukung," kata Daud Duwiri didampingi Direktur RSUD Biak dr Ricard Ricardo Mayor, M.Kes.

Dalam keterangan pers itu, Bupati Herry Ario Naap didampingi Sekda Biak Numfor Markus O, Masnembra, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Biak Numfor Daud Duwiri dan Direktur RSUD Biak dr. Ricard Ricardo Mayor, M.Kes.
Baca juga: Upaya Papua mengantisipasi COVID-19
Pewarta : Muhsidin
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020