Hoaks, Jokowi bagikan sembako di Istana Bogor Sabtu malam

Hoaks, Jokowi bagikan sembako di Istana Bogor Sabtu malam

Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (31/3/2020). ANTARA/HO Biro Pers Setpres/Muchlis Jr/aa.

Jakarta (ANTARA/JACX) - Sebuah video berdurasi 45 detik diunggah seorang pengguna Facebook pada MInggu (12/4) tentang klaim pembagian sembako oleh Presiden Joko Widodo.

Video yang telah ditonton sebanyak 142.000 kali hingga Senin itu, diklaim dilakukan Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, pada Sabtu (11/4) malam.

Dalam tayangan itu, masyarakat di sekitar Istana Bogor terlihat berbondong-bondong mendatangi gerbang putih dengan pagar tinggi bercat hitam.

Pemilik akun Facebook tersebut turut membubuhkan narasi berikut dalam kiriman videonya:

"Semalam, Presiden mengumpulkan orang untuk pembagian sembako di Istana Bogor, bagaimana dengan aturan Social Distancing yang dicanangkan, (maaf) apa ingin menyiapkan kuburan massal warga Bogor?
(Sorry) Ini kedunguan atau beneran dungu?"


Hingga Senin (13/4), unggahan itu sudah dibagikan ulang sebanyak 1.900 kali dan dikomentari sekitar 912 orang.

Namun, benarkah Presiden Jokowi membagikan sembako di Istana Bogor pada Sabtu malam?


Penjelasan:
Berdasarkan penelusuran ANTARA, peristiwa dalam video tersebut memang berlangsung di pelataran Istana Kepresidenan Bogor.

Gerbang putih dan pagar tinggi berwarna hitam, yang menjadi titik kumpul warga pada tayangan itu merupakan pintu masuk Istana Bogor yang berada di Jalan Ir H Juanda. 

Namun, kepala negara tidak membagikan paket sembako di Istana Kepresidenan Bogor pada Sabtu malam.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin menjelaskan Presiden Jokowi membagikan paket sembako pada Kamis (9/4) sore dalam perjalanan dari Istana Merdeka Jakarta menuju gerbang tol Kemayoran, untuk melanjutkan perjalanan ke Bogor. 

Selanjutnya, pembagian paket sembako dilakukan pada Jumat (10/4) malam di Bogor.

Hanya saja, pembagian sembako itu tidak berlangsung pada Sabtu (11/4) malam sebagaimana dilaporkan ANTARA dalam berita "Presiden Jokowi tak bagikan paket sembako pada akhir pekan di Bogor", yang dipublikasikan pada Minggu (12/4).

"Dalam kegiatan pembagian paket sembako, pihak paspampres selalu mengutamakan protokol kesehatan dalam pandemi virus corona dan physical distancing," kata Bey Machmudin tentang kegiatan pembagian sembako pada Kamis (9/4) dan Jumat (10/4).

Pada Sabtu malam (11/4), masyarakat Kota Bogor memperkirakan Presiden Jokowi akan kembali membagikan paket sembako sehingga mereka menyerbu Istana Kepresidenan Bogor.

Padahal, mantan Gubernur DKI Jakarta itu tidak memiliki agenda membagikan paket sembako pada Sabtu malam.

"Perkiraan masyarakat itu kemungkinan didasari adanya pembagian paket sembako pada hari sebelumnya, yaitu pada Jumat. Selain itu, ada informasi yang beredar di masyarakat dan bukan dari sumber resmi yang menyebutkan Presiden akan membagikan paket sembako," ujar Bey.

Setelah mendapatkan penjelasan oleh Paspampres yang dibantu aparat kewilayahan dari Komando Resor Militer 061 (Korem 061/Surya Kencana) dan Polresta Bogor Kota, masyarakat yang mendatangi pintu masuk Istana Bogor lantas kembali ke rumah masing-masing.

Klaim: Jokowi bagikan sembako di Istana Bogor Sabtu malam
Rating: Salah/Disinformasi

Cek fakta: Hoaks, Jokowi sanksi tiga kepala daerah jika tidak cabut "lockdown"

Cek fakta: Hoaks, Jokowi disebut melakukan korupsi Rp 59 triliun saat pandemi COVID-19

Cek fakta: Hoaks, satu lagi menteri positif terinfeksi COVID-19
Pewarta : Tim JACX
Editor: Imam Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020