Jakarta (ANTARA/JACX) - Salah satu portal dalam jaringan (online) nasional, pada Rabu (15/4), merilis artikel berjudul "Perawat Pasien Corona Histeris Ariel NOAH Jadi Relawan Tenaga Medis".

Tulisan itu berisi informasi dari video yang diunggah seorang pengguna TikTok dengan nama akun @novy_66 pada 15 April 2020.

Artikel tersebut juga memuat potret vokalis grup musik Noah, Nazril Irham atau akrab disapa Ariel, yang tengah mengenakan pakaian putih lengan pendek, menyerupai jas dokter, dengan tulisan hitam "dr. nazril irham" pada dada bagian kanan.

Pria di dalam foto artikel tersebut diwartakan sedang mengunjungi rumah sakit rujukan C0VID-19. Ariel yan diklaim sebagai pria itu disebut pula sebagai petugas medis yang menjadi relawan.

Benarkah pria dalam artikel itu adalah Ariel Noah dan menjadi relawan tenaga medis? 
 
Tangkapan layar hoaks Ariel NOAH jadi relawan tenaga medis COVID-19 (Portal Komentar.id)


Penjelasan:
Penelusuran ANTARA dengan Google Image menemukan foto Ariel yang dimuat di artikel "Perawat Pasien Corona Histeris Ariel NOAH Jadi Relawan Tenaga Medis" itu pernah diunggah akun Instagram @vijaya.lee pada 18 Desember 2019.

Akun @vijaya.lee menuliskan keterangan PT. Cedefindo sebagai lokasi latar belakang foto tersebut. 

Terlihat pula perbedaan tulisan pada pakaian yang digunakan pria dalam foto itu.

Dalam artikel portal tertera "dr. nazril irham" di dada bagian kanan. Sedangkan pada unggahan di Instagram @vijaya.lee tertera kata "TAMU".
 

Sebuah akun Youtube bernama Pucuk Ilmu menerangkan tentang kunjungan Ariel ke PT CEDEFINDO yang merupakan bagian dari perusahaan MARTHA TILAAR GROUP.

Dalam unggahan berjudul "ARIEL NOAH BERKUNJUNG KE PABRIK PT CEDEFINDO MARTHA TILAAR GROUP" pada 17 Desember 2019, Ariel terlihat mengenakan pakaian putih berlengan pendek dengan tulisan "TAMU", sebagaimana yang terlihat di Instagram.  

Dengan demikian, potret Ariel dalam artikel bertajuk "Perawat Pasien Corona Histeris Ariel NOAH Jadi Relawan Tenaga Medis" telah melalui proses penyuntingan, serta narasi yang dimuat dalam artikel tersebut merupakan hoaks atau informasi salah.

Klaim: Ariel Noah jadi relawan tenaga medis
Rating: Salah/ Disinformasi

Baca juga: Ariel Noah awalnya berikan lagu "Menghapus Jejakmu" untuk BCL

Baca juga: Ariel "Noah" dan Lania Fira punya hubungan spesial, atau teman biasa?

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2020