Kasus positif COVID-19 di Temanggung bertambah jadi 31 orang

Kasus positif COVID-19 di Temanggung bertambah jadi 31 orang

Juru Bicara Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Temanggung Gotri Wijianto. ANTARA/Heru Suyitno

Temanggung (ANTARA) - Kasus positif COVID-19 di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, bertambah 11 orang sehingga total positif ada 31 orang, kata Juru Bicara Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Temanggung Gotri Wijianto.

"Berdasarkan informasi yang kami terima dari Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung hari ini telah diumumkan hasil tes swab dari 20 orang oleh BLPT Yogyakarta, 11 orang dinyatakan positif COVID-19," katanya di Temanggung, Rabu.

Ia menyebutkan 11 orang yang dinyatakan positif COVID-19 terdiri atas 4 orang merupakan klaster Gowa, 4 orang kontak erat dengan kalster Gowa, dan 3 orang kontak erat dengan anak buah kapal (ABK) Brasil.

Baca juga: Gugus Tugas COVID-19 Temanggung karantina 30 warga di BLK
Baca juga: DPRD Temanggung setujui anggaran Rp84,1 miliar penanganan COVID-19


Gotri menyampaikan dari tes swab 20 orang tersebut 9 orang dinyatakan negatif, yakni 7 orang merupakan klaster Gowa, 1 orang kontak erat klaster Gowa, dan 1 orang ABK Brasil.

"Hal ini menjadi perhatian serius bagi kita semuanya untuk selalu waspada dan menjaga diri, tetap menggunakan masker, jaga jarak, dan sering mencuci tangan dengan sabun," katanya.

Ia mengatakan kemudian langkah yang ditempuh tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 yakni melakukan tracking kontak erat dengan orang yang dinyatakan positif COVID-19 dengan harapan nanti bisa diantisipasi lebih awal.

Gotri menyebutkan jumlah total pasien positif COVID-19 di Kabupaten Temanggung menjadi 31 orang, yakni kemarin ada 21 orang ditambah 11 dan satu orang dari Ngadirejo dinyatakan sembuh.

Baca juga: Polres Temanggung bantu kebutuhan pokok warga terdampak COVID-19
Baca juga: Pandemi COVID-19, PMI terapkan program stimulus tingkatkan pendonor


Ia menuturkan jumlah kasus transmisi lokal semakin banyak dan hari ini ada penambahan tujuh kasus.

"Hal ini menjadi perhatian serius bahwa virus ini benar-benar menular dari kontak erat, jadi jaga jarak, pakai masker ini adalah salah satu antisipasi yang harus selalu kita sampaikan pada masyarakat," katanya.

Ia mengatakan sebanyak 31 orang positif COVID-19 kini semua dirawat di ruang isolasi RSUD Kabupaten Temanggung.

Baca juga: Temanggung siapkan jaring pengaman sosial untuk 25.000 keluarga
Baca juga: PPNI Temanggung bantu nutrisi anggotanya perangi wabah COVID-19
Pewarta : Heru Suyitno
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020