Jakarta (ANTARA) - Kobe Bryant merupakan pebasket bertabur prestasi, tapi sepanjang kariernya pemain yang menjuluki diri sebagai Black Mamba itu hanya sekali dinobatkan sebagai Most Valuable Player (MVP) NBA pada 6 Mei 2008.

MVP NBA 2008 boleh dibilang menjadi gelar individual paling bergengsi yang pernah dimenangi Bryant kala itu, melampaui raihan sebagai Top Skor NBA dua musim beruntun pada 2006 dan 2007 serta menjuarai kontes dunk NBA pada musim debutnya 11 tahun sebelumnya.

Tentu saja, Bryant juga sudah memiliki sederet prestasi lain seperti NBA All-Star, All-NBA First Team dan NBA All-Defensive First Team yang sudah dimenangi sebelumnya.

Baca juga: Kisah Kobe Bryant akan dibuat film atau serial dokumenter
Baca juga: Kobe, Garnett dan Duncan tembus Hall of Fame bola basket 2020


Tetapi, gelar MVP NBA 2008 seolah menjadi jawaban terbesar bagi Bryant atas kritik yang deras diarahkan kepadanya sebagai "penumpang" dari raihan trituntun juara NBA Lakers pada 2000-2002, yang kerap disebut-sebut hanya dan hanya terjadi karena Shaquille O'Neal.

Selepas kalah melawan Detroit Pistons di final NBA 2004, O'Neal pergi dari Lakers ke Miami Heat dalam skema pertukaran, demikian juga pelatih kepala Phil Jackson yang kontraknya tak diperpanjang.

O'Neal tak pernah kembali, tapi Jackson akhirnya melatih Lakers lagi semusim berselang dan Bryant yang diketahui sempat terlibat cekcok dengannya mendukung keputusan tim. Kerja sama keduanya cukup berbuah positif, antara lain torehan 81 poin melawan Toronto Raptors pada 22 Januai 2006 yang merupakan rekor angka terbanyak Bryant dalam gim NBA.

Sejak musim itu, Bryant secara perlahan tapi pasti mengajak Lakers beranjak dari O'Neal dan menempatkan dirinya sebagai sokoguru kekuatan klub tersukses sepanjang sejarah NBA itu.

Musim 2007/08 kegemilangan karier Bryant di Lakers seolah berada di fase lepas landas. Pada 23 Desember 2007, Bryant memecahkan rekor sebagai pemain termuda di NBA yang melampaui raihan 20.000 poin (rekor yang belakangan dilewati oleh LeBron James) dalam usia 29 tahun 122 hari.

Baca juga: Handuk perpisahan Kobe laku 33 ribu dolar AS dalam lelang
Baca juga: Unggahan menyentuh Vanessa dalam ultah pernikahan dengan Kobe Bryant


Kendati sempat mengalami cedera jari kelingking tangan kanannya pada 5 Februari 2008, Bryant selalu bermain dalam 82 pertandingan musim reguler 2007/08 untuk Lakers dengan rata-rata penampilan 38,9 menit.

Halaman selanjutnya: Bryant membukukan...

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2020