Cirebon (ANTARA) - Polres Cirebon Kota mendapati banyak masyarakat yang belum mematuhi peraturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Provinsi Jawa Barat (Jabar) pada hari pertama. 

"Kita masih banyak menemukan masyarakat yang tidak mengenakan masker saat keluar rumah," kata Kasubag Humas Iptu Ngatidja di Cirebon, Rabu.

Ngatidja menuturkan pada hari pertama PSBB Jawa Barat, anggota Polres Cirebon Kota yang tersebar di beberapa tempat terus melakukan sosialisasi dan juga edukasi kepada masyarakat.

Baca juga: PSBB Jabar, Bupati Garut: Aktivitas masyarakat terpantau turun
Baca juga: Petugas gabungan disebar di 14 titik selama PSBB Karawang
Baca juga: Pemkab Cianjur akan menerapkan sanksi tegas sesuai PSBB Jabar


Dari beberapa laporan yang masuk masih banyak masyarakat beraktivitas di luar rumah tanpa mengenakan masker.

"Kami mengedukasi setiap masyarakat yang keluar rumah agar terus mengenakan masker selama masa PSBB," ujarnya.

Dia melanjutkan di wilayah hukum Polres Cirebon Kota juga termasuk jalur mudik dari Jakarta ke Jawa Tengah dan lainnya, untuk itu juga didirikan beberapa cek poin. Jika terindikasi pemudik yang menuju kampung halaman, maka mereka yang ketahuan akan disuruh putar balik ke tempat asal.

Baca juga: Gubernur optimistis PSBB Jabar tekan persebaran COVID-19
Baca juga: Penjagaan di semua pintu masuk daerah diperketat selama PSBB Jabar

Tidak hanya memeriksa kendaraan pribadi, pihaknya juga melakukan pemeriksaan kendaraan umum dan setiap kendaraan umum harus menerapkan 'physical distancing'.

"Para penumpang juga akan diperiksa dan kalau ada indikasi sakit akan langsung dievakuasi tim medis ke tempat yang sudah disediakan," katanya.

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2020