Kemarin, LPSK lindungi ABK WNI hingga remisi khusus 1.049 Napi

Kemarin, LPSK lindungi ABK WNI hingga remisi khusus 1.049 Napi

Gedung KPK. (Antara/Benardy Ferdiansyah)

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita hukum pada Kamis (7/5) yang masih menarik untuk dibaca dan menjadi perhatian publik, mulai LPSK yang menyatakan siap melindungi ABK WNI di kapal berbendera China hingga pemberian remisi khusus (RK) kepada 1.049 narapidana (napi) yang beragama Buddha di seluruh Indonesia pada Hari Raya Waisak 2564 BE Tahun 2020.

Berikut rangkuman beritanya:

1. LPSK nyatakan siap lindungi ABK WNI di kapal berbendera China

Jakarta (ANTARA) - Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) menyatakan siap melindungi warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi anak buah kapal (ABK) penangkap ikan berbendera China bernama Long Xing, yang diduga mengalami pelanggaran HAM dan perbudakan.

Ketua LPSK Hasto Atmojo mengatakan pihaknya akan melakukan tindakan proaktif dalam kasus ini, bekerja sama dengan pihak Kementerian Luar Negeri dan kepolisian, guna memberikan perlindungan kepada ABK WNI, mulai dari pemulangan ke Tanah Air hingga pendampingan proses hukum.

Baca selengkapnya disini

2. Kabareskrim instruksi jajaran awasi penyaluran bansos agar tepat

Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan Tim Satgas V Gakkum Operasi Aman Nusa II Polri untuk membantu Pemerintah mengawasi pelaksanaan pemberian bantuan sosial di wilayah agar tepat sasaran, tidak terjadi pemotongan dana, hingga tidak sampainya bantuan sosial kepada masyarakat.

Menurut dia, perlu diantisipasi oknum atau kelompok tertentu yang memanfaatkan situasi pandemi COVID-19 untuk melakukan kampanye melalui bantuan sosial dan lainnya akibat mundurnya pelaksanaan Pilkada 2020.

Baca selengkapnya disini

3. KPK ungkap kendala tangkap buronan kasus korupsi

Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nawawi Pomolango mengungkapkan kendala lembaganya menangkap buronan kasus tindak pidana korupsi.

"Kalau soal keseriusan menangkap para buron, kami sangat-sangat serius. Akan tetapi, persoalannya bukan hanya pada tataran itu. Ini yang sedang kami evaluasi, praktik yang membuat para tersangka potensi melarikan diri," kata Nawawi melalui keterangannya di Jakarta, Kamis.

Baca selengkapnya disini

4. Rumah pasien COVID-19 di Makassar dibobol maling

Makassar (ANTARA) - Rumah pasien Coronavirus Disease (COVID-19) di Jalan Kesadaran, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, dibobol maling ketika mereka sedang menjalani program isolasi di Hotel Swiss Bell, Kamis.

Maling membawa kabur uang senilai Rp20 juta, emas 15 gram, dan sejumlah barang berharga lainnya ketika rumah dalam keadaan tanpa penghuni.

Baca selengkapnya disini

5. Remisi khusus Waisak 2020 diberikan bagi 1.049 napi beragama Buddha

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) memberikan remisi khusus (RK) kepada 1.049 narapidana (napi), dari total 1.948 narapidana beragama Buddha di seluruh Indonesia pada Hari Raya Waisak 2564 BE Tahun 2020 yang diperingati Kamis.

Direktur Jenderal Pemasyarakatan Reynhard Silitonga mengatakan pemberian remisi diberikan kepada narapidana yang telah memenuhi persyaratan administratif dan substantif, seperti telah menjalani pidana minimal 6 bulan, tidak terdaftar pada register F, serta turut aktif mengikuti program pembinaan di lembaga pemasyarakatan atau rumah tahanan negara.

Baca selengkapnya disini
Pewarta : Syaiful Hakim
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2020