Cek fakta: Benarkah ibu Erick Thohir bernama Tan Mei Hwa?

Cek fakta: Benarkah ibu Erick Thohir bernama Tan Mei Hwa?

Menteri BUMN Erick Thohir. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/wsj.

Jakarta (ANTARA/JACX) - Sebuah foto tentang Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir yang berdiri bersama seorang perempuan dan laki-laki ramai menjadi perbincangan warganet di media sosial Facebook.

Dalam unggahannya, salah seorang pemilik akun Facebook juga menyertakan narasi dalam foto tentang Erick Thohir. Sosok perempuan yang berdiri di samping Erick Thohir bernama Ediba Tan Mei Hwa yang diklaim pemilik akun sebagai ibu Erick Thohir.

Sementara, sosok laki-laki disebut bernama William Surajaya yang merupakan kakak dari ibunya.

Narasi itu menyebutkan pula keluarga Erick Thohir adalah keluarga China. Berikut narasi yang tersemat dalam unggahan itu:

"Eric Tohir berpoto dg ibunya. Ediba Tan Mei Hwa dan kakak ibunya William Suryajaya. Jadi mereka itu cina. Jangan terkecoh dg nama Eric Tohir dikira Pribumi Muslim?"

Namun, benarkah unggahan tersebut?
 
Tangkapan layar unggahan hoaks yang menyebut Erick Thohir berfoto dengan ibunya bernama Ediba Tan Mei Hwa dan kakanya ibunya William Surajaya. (Facebook)


Penjelasan:

Penelusuran ANTARA menemukan foto tersebut dimuat dalam salah satu halaman situs republika.co.id pada 1 November 2016 dengan judul "Inter Milan Berkabung untuk Teddy Thohir".

Dalam foto itu, tersemat keterangan Erick Thohir berdiri di sebelah ibunya yang bernama Edna. Lalu, sosok pria yang berada disebelah ibunya merupakan ayah Erick Thohir, Mochamad Teddy Thohir, dan bukan William Surajaya seperti yang ditulis dalam narasi di atas. 

Dalam obituari Teddy Thohir yang dimuat di Republika.co.id berjudul "Kisah Thohir dari Gunung Sindur", Edna merupakan perawat. Dia adalah gadis keturunan Tionghoa yang menikah secara Islam dengan Teddy. 

William Soerjadjaja bukanlah nama kakak kandung dari ibu Erick Thohir, seperti disebut dalam unggahan Facebook itu, melainkan nama pendiri dari PT Astra Internasional yang juga akrab dengan orang tua Edna.

Klaim : Ibu Erick Thohir bernama Tan Mei Hwa
Rating : Salah/Disinformasi

Baca juga: Erick: Sebanyak 50 ribu alat PCR COVID-19 diproduksi pekan kedua Mei

Baca juga: Erick Thohir: Tidak ada THR bagi direksi dan komisaris BUMN tahun ini
Pewarta : Tim JACX
Editor: Imam Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020