Pekanbaru (ANTARA) - Gugus Tugas Penanggulangan COVID-19 Provinsi Riau memprediksi apabila masyarakat tetap nekad mudik Lebaran Idul Fitri 1441 H, maka daerah berjuluk “Bumi Lancang Kuning” ini akan mengalami lonjakan kasus positif COVID-19 pada bulan Juni.

“Kalau kita tidak disiplin diri, kalau saudara-saudara kita tetap mau pulang dulu, maka kita akan cilaka nanti. Bukan di H+7 Lebaran, perhitungannya nanti di pekan ketiga Juni. Kalau pekan ketiga Juni kasus positif meningkat, sumbernya pasti dari Lebaran,” kata Juru Bicara COVID-19 Riau, dr Indra Yovi Sp.P(K) dalam pernyataan pers di Pekanbaru, Senin.

Ia mengatakan dalam dua pekan terakhir, 90 persen penambahan kasus positif COVID-19 di Riau merupakan kasus penularan dari luar daerah (imported case). Ini disebabkan warga asal Riau yang pulang kampung dari daerah terjangkit, dan akhirnya membuat kluster penularan baru di Riau.

Kluster tersebut di antaranya kluster kepulangan santri dari Pondok Pesantren Desa Temboro Magetan, dan kluster Sukabumi.

Baca juga: Gugus Tugas: Positif COVID-19 Riau bertambah 99 kasus, 60 sudah sembuh

Baca juga: PSBB di Riau ditandai dengan penyemprotan disinfektan secara serentak


“Akhirnya muncul kluster Temboro, kluster Sukabumi, satu kasus positif dari perjalanan ke Sumatera Selatan, satu dari perjalanan dari Padang, dan Medan. Tambahan empat kasus sebelumnya, merupakan transmisi lokal dari kontak erat kluster santri Temboro,” ujarnya.

Ia mengatakan banyak warga masih menganggap remeh penyakit mematikan ini. Padahal, ia mengakui mengobati COVID-19 sangat sulit untuk dilakukan oleh tenaga medis.

“Kita tenaga medis cuma bisa mengimbau untuk kepentingan saudara semua. Kami bisa melihat tertekannya saudara kita yang begitu positif (COVID-19). Jangan anggap enteng,” ujarnya.

Ia mengatakan kasus positif COVID-19 terus bertambah hingga mencapai 101 kasus, dengan jumlah kesembuhan sebanyak 61 kasus.

“Total positif 101 kasus positif, terdiri dari 34 dirawat, 61 sehat dan sudah dipulangkan, dan enam meninggal dunia,” katanya.

Ia mengatakan terdapat penambahan dua kasus positif COVID-19 yang keduanya berada di Kota Dumai. Pasien ke-100 positif COVID-19 di Riau berinisial AAH. Remaja berusia 15 tahun ini merupakan warga Kabupaten Kota Dumai, yang merupakan hasil penelusuran (tracing) dari Kluster Kepulangan Santri Pondok Pesantren di Magetan, Jawa Timur.

Kemudian pasien ke-101 berinisial AP, yang juga warga Kota Dumai. Pasien berusia 33 tahun itu adalah istri dari pasien positif COVID-19 berinisial S, yang merupakan kasus nomor 87 di Riau.

“Kabar baik hari ini, penambahan satu pasien COVID-19 yang dinyatakan sembuh adalah Tuan MZ yang merupakan warga Kabupaten Indragiri Hilir,” ujarnya.*

Pewarta: FB Anggoro
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020