Sembako yang dibagikan berkisar yang kebutuhan bahan pokok yang menjadi kebutuhan sehari-hari masyarakat
Jakarta (ANTARA) - Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) mengadakan "Ekspedisi Laut Kolinlamil Peduli" untuk membantu meringankan beban warga masyarakat yang terkena dampak sosial ekonomi wabah COVID-19, di pesisir Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Jawa barat, Selasa.

Kegiatan bakti sosial yang diinisiasi Staf Potensi Maritim Kolinlamil ini menggunakan sarana KAL atau Kapal Angkatan Laut Nirwana milik Kolinlamil untuk pergeseran bahan bantuan sosial dan personel yang terlibat menuju pesisir Muara Gembong, Kabupaten Bekasi.

Sebelum bertolak, Panglima Kolinlamil Laksda Ahmadi Heri Purwono melepas satuan tugas bakti sosial tersebut dalam upacara pelepasan di Dermaga Beaching, Mako Kolinlamil.

"Ekspedisi laut Kolinlamil peduli ini mendistribusikan 5.000 paket sembako terhadap masyarakat 2 desa dan 5 dusun di Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi. Mereka mayoritas adalah nelayan-nelayan kecil yang dalam situasi sekarang ini mengalami dampak sosial ekonomi akibat wabah Virus Corona. Kolinlamil berupaya meringankan beban mereka dengan bantuan ini," kata Laksda Heri.
Baca juga: Bekasi siapkan 10.000 sembako diskon besar pada acara Operasi Pasar Ramadhan


Kegiatan Kolinlamil peduli melalui ekspedisi laut, juga merupakan salah satu rangkaian dari peringatan HUT ke-59 Kolinlamil tahun 2020.

"Sebagai ungkapan rasa syukur Kolinlamil di usianya ke-59, pada 1 Juli mendatang maka momentum kegiatan bakti sosial ini sebagai salah satu bentuk rasa syukur dengan berbagi kepada masyarakat pesisir Muara Gembong yang juga sebagai daerah binaan Kolinlamil," ujar Pangkolinlamil dalam keterangan tertulisnya.

Saat lintas laut menuju ke Pantai Bahagia, Muara Gembong, tim ekspedisi laut Kolinlamil peduli membagikan 300 paket sembako kepada para nelayan yang sedang melaut.

Pendistribusian lewat laut seperti ini biasanya dilaksanakan saat Operasi Bakti Sosial Bhaskara Jaya TNI AL.

Daerah yang menjadi sasaran pendistribusian, di antaranya Desa Pantai Mekar, Pantai Bahagia, Dusun Muara Pecah, Dusun Beting, dan Dusun Blubuk.

Mekanisme pendistribusian selain dari KAL ke kapal nelayan saat lintas laut, dan dilokasi pun ada yang melalui kantor kepala desa dan pintu ke pintu, untuk mempermudah pendistribusian kepada masyarakat Muara Gembong.

Di Desa Pantai Bahagia, Kecamatan Muara Gembong pembagian paket sembako diawali secara simbolis oleh Komandan Satgas Ekspedisi Laut Kolinlamil peduli yang juga Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Panglima Kolinlamil Kolonel Laut (P) Hari Mulyadi bersama dengan Ketua Pengurus Gabungan Jalasenastri Kolinlamil Ny Wiek Ahmadi kepada warga.

Kemudian, dilanjutkan oleh satgas secara bergiliran kepada 2.072 warga Desa Pantai Bahagia.
Baca juga: Truk sembako terguling, arus lalu lintas macet 1 km


Tidak luput pula protokol kesehatan tetap berlaku dalam kegiatan berbagi sembako ini untuk menjaga jarak atau physical distancing.

"Adapun jenis bahan-bahan sembako yang dibagikan berkisar yang kebutuhan bahan pokok yang menjadi kebutuhan sehari-hari masyarakat," kata Kolonel Laut (P) Hari.

Bantuan paket sembako yang berbagai rupa ini, diharapkan dapat bermanfaat dan dimanfaatkan secara baik untuk meringankan beban masyarakat kurang mampu di tengah pandemik COVID-19, khususnya bagi masyarakat pesisir Muara Gembong.
 

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2020