Dalam suasana pandemik COVID-19 ini, mari kita laksanakan Shalat Id dan berhalalbihalal di rumah dengan jumlah orang yang terbatas
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengimbau seluruh umat Islam di Tanah Air melaksanakan Shalat Idul Fitri 1441 Hijriah di rumah.

"Dalam suasana pandemik COVID-19 ini, mari kita laksanakan Shalat Id dan berhalalbihalal di rumah dengan jumlah orang yang terbatas," kata Mahfud dalam sebuah video yang diterima dari Humas Kemenko Polhukam, di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, seruan untuk Sholat Id di rumah juga sudah dilakukan oleh ormas Islam lain seperti Majelis Ulama Indonesia (MUI), Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama (NU).

Baca juga: Mahfud MD jelaskan alasan mal dan bandara tetap boleh buka

Dia menyebutkan, anjuran shalat di rumah tidak hanya terjadi di Indonesia, melainkan juga di Arab Saudi.

"Masjid suci yang ada di Mekkah dan Madinah yaitu Masjidil Haram dan Nabawi juga ditutup demi menyelamatkam kaum Muslimin dari penularan COVID-19," tuturnya.

Baca juga: Pemerintah tidak beda pandangan dengan MUI soal Shalat Id di rumah

Oleh karena itu, Mahfud mengajak umat Islam untuk melakukan Shalat Id di rumah dengan khusyuk.

"Halalbihalal tidak harus berkerumun, tetapi juga bisa melalui virtual atau kalau harus terpaksa bertemu dengan keluarga inti saja dengan membatasi waktu dan tetap jaga jarak," ucap Mahfud.

Baca juga: Mahfud MD: Anggota kabinet tidak akan gelar griya Lebaran tahun ini

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2020