Minahasa Tenggara bertambah satu positif COVID-19

Minahasa Tenggara bertambah satu positif COVID-19

Gloria Wuwungan, Jubir penanganan COVID-19 Minahasa Tenggara (ANTARA)

Minahasa Tenggara (ANTARA) - Kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Minahasa Tenggara, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) bertambah satu pasien berdasarkan laporan pada hari Jumat ini.

"Berdasarkan informasi dari Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Sulut, Minahasa Tenggara bertambah satu kasus pasien positif," kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Minahasa Tenggara Gloria Wuwungan, di Ratahan, Jumat.

Ia mengungkapkan, pasien yang terkonfirmasi positif ini berjenis kelamin perempuan, berusia 37 tahun, warga Kecamatan Pasan.

"Berdasarkan informasi, pasien tersebut karyawan dari salah satu sekolah pelayaran di Kabupaten Minahasa Selatan," kata Gloria.
Baca juga: Pemkab Minahasa siapkan tiga lokasi pemakaman khusus pasien COVID-19

Dia menuturkan, pasien tersebut sebelumnya melakukan rapid test yang difasilitasi pihak sekolah pelayaran, dan hasilnya reaktif.

Selanjutnya langsung dilakukan pengambilan swab tenggorokan dari tim medis Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa Selatan, dan hasilnya keluar pada Jumat dengan hasil positif.

"Pasien positif ini sebelumnya adalah OTG (orang tanpa gejala). Sejak dilakukan rapid test dengan hasil reaktif, pasien ini sudah dianjurkan melakukan isolasi mandiri di rumah," ujar Gloria.

Dia menambahkan, saat ini pasien tersebut dalam penanganan serta diisolasi di RSUP Ratatotok Buyat di Kecamatan Ratatotok.

"Saat ini tim kami langsung melakukan tracing kepada keluarga atau kerabat yang masuk dalam kategori kontak erat risiko tinggi," ujarnya pula.

Kepala Dinas Kesehatan Minahasa Tenggara Helni Ratuliu meminta masyarakat tidak panik dan tetap tenang serta tak mempercayai informasi hoaks yang beredar.

"Kami tetap ingatkan kepada masyarakat agar tetap tenang, dan menjalankan semua protokol kesehatan pencegahan COVID-19. Kami pastikan juga pasiennya akan ditangani secara baik oleh petugas medis," ujarnya lagi.

Dia juga meminta masyarakat yang mempunyai kontak erat dengan pasien COVID-19 agar secara jujur mengakui kepada petugas medis, sehingga akan dilakukan pemeriksaan kesehatan.
Baca juga: Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara pakai aplikasi data pendatang
Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020