Supaya besok saat berlebaran menu ikan bisa menjadi hidangan keluarga dalam merayakan Lebaran
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Pontianak, Kalimantan Barat, menyalurkan Sedekah Ikan Ramadhan bagi kelompok masyarakat penggerak konservasi di Singkawang.

Kepala BPSPL Pontianak Getreda M Hehanussa dalam siaran pers KKP yang diterima di Jakarta, Sabtu, menyatakan, Kota Singkawang yang memiliki waktu tempuh tiga jam dari Pontianak, dipilih karena di sana terdapat kelompok yang sukses dalam melakukan upaya konservasi mangrove yaitu Perkumpulan Peduli Mangrove Surya Perdana Mandiri.

"Karena keberhasilan dan kegigihannya dalam melestarikan mangrove, tahun 2018 Perkumpulan Peduli Mangrove Surya Perdana Mandiri memperoleh bantuan kelompok masyarakat penggerak konservasi yang merupakan program prioritas Ditjen PRL berupa speed boat dari Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (PRL)," kata Getreda.

Ia memaparkan bantuan tersebut digunakan untuk mendukung pelaksanaan dan monitoring konservasi mangrove dan jenis ikan yang dilindungi lainnya seperti lumba-lumba tanpa sirip dan paus karena di perairan lokasi mangrove Desa Setapuk Besar pernah ada kemunculan lumba-lumba tanpa sirip.

Baca juga: BKKPN Kupang pastikan paus sperma mati di hutan mangrove Rote

Kemudian, lanjut dia, sepanjang Pantai Mempawah hingga Kota Singkawang ada potensi area migrasi paus seiring pernah ditemukan paus terdampar di Kabupaten Mempawah tahun 2016.

Berlokasi di Desa Setapuk Besar, tim BPSPL Pontianak harus mengarungi sungai terlebih dahulu untuk mencapai lokasi. Speed boat atau kapal cepat bantuan kelompok masyarakat penggerak konservasi tahun 2018 menjadi moda transportasi pendukungnya.

Berkumpul di sebuah gazebo dengan tetap melaksanakan protokol COVID-19 seperti pemakaian masker dan jaga jarak, Kepala BPSPL Pontianak secara langsung menyerahkan bantuan Sedekah Ikan Ramadhan kepada masyarakat Perkumpulan Peduli Mangrove Surya Perdana Mandiri.

Baca juga: Menteri Edhy ajak warga lakukan "Lebaran Ikan"

"Sedekah Ikan Ramadhan KKP ini adalah program Kementerian Kelautan dan Perikanan di penghujung bulan Ramadhan menjelang hari Lebaran sebagai wujud solidaritas. Supaya besok saat berlebaran menu ikan bisa menjadi hidangan keluarga dalam merayakan Lebaran," ujar Getreda.

Bantuan yang disalurkan sebanyak 25 paket berupa beras 5 kg, 1 liter minyak goreng, 0,5 kg telur, dan 2 kg ikan tiap paketnya. Perkumpulan Peduli Mangrove Surya Perdana Mandiri menerima 19 paket dan 6 paket lainnya diserahkan kepada warga di sekitar kantor BPSPL Pontianak, yang membutuhkan.

Sementara itu Ketua Perkumpulan Peduli Mangrove Surya Perdana Mandiri Jumadi mengungkapkan rasa terima kasih dan memaparkan bahwa ekosistem mangrove yang telah ditanami kini telah tumbuh seluas 30 hektare dan berhasil menambah daratan pantai sepanjang kurang lebih 127 meter ke arah laut.

Baca juga: KKP sebarkan Sedekah Ikan Ramadhan jelang Idul Fitri

 

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020